Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayangi Sentimen Negatif, Rupiah Justru Dibuka Menguat

Kompas.com - 13/05/2020, 09:35 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (13/5/2020) kembali menguat tipis.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.15 WIB rupiah berada pada level Rp 14.892 per dollar AS atau menguat 12 poin (0,08 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.904 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan walaupun menguat, rupiah masih berpotensi mengalami pelemahan karena terdorong sentimen negatif pasar akibat pembukaan lockdown yang dinilai akan meningkatkan jumlah kasus Covid-19.

Baca juga: Pembukaan Pasar, IHSG Terperosok Ke Zona Merah

“Sentimen negatif masih menekan pergerakan aset berisiko seperti indeks saham. Kemungkinan belum ada perubahan sentimen karena semalam indeks saham AS masih tertekan turun,” ujar Ariston kepada Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Ariston mengatakan, sentimen negatif disebabkan oleh kekhawatiran pasar terhadap gelombang kedua wabah Covid-19 karena pelonggaran lockdown. Pasar juga masih mengkhawatirkan wabah yang belum benar-benar surut.

Di sisi lain, Indonesia sendiri jumlah kasus masih terus bertambah dan belum benar-benar terjadi penurunan sehingga banyak yang memperkirakan wabah akan terjadi lebih lama dan ini bisa menekan perekonomian lebih lama lagi.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.850 per dollar AS sampai dengan Ro 15.150 per dollar AS.

Baca juga: Segera Cair, Ini Besaran THR Bagi Pensiunan PNS dan TNI-Polri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com