BRI Beri Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Gojek

Kompas.com - 13/05/2020, 14:50 WIB
Ilustrasi driver Gojek sedang antre di suatu gerai makanan. SHUTTERSTOCK/GRATSIAS ADHI HERMAWANIlustrasi driver Gojek sedang antre di suatu gerai makanan.

JAKARTA, KOMPAS.comGojek dan BRI berkolaborasi untuk membantu pekerja di sektor informal dan para pelaku UMKM selama masa pandemi Covid-19 dengan fasilitas pinjaman bunga ringan bagi mitra GoRide, GoCar dan merchant GoFood.

Mitra Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari BRI akan mendapatkan fasilitas pinjaman mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan pelaku UMKM seperti mitra Gojek.

“Kami memahami, fasilitas pinjaman bunga ringan ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Gojek,” kata Handayani melalui siaran media, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Kabar Tukar Guling Saham dengan Gojek, Ini Kata Blue Bird

Handayani menambahkan, penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Gojek.

“Kami bekerjasama dengan Gojek agar seluruh mitra mengambil fasilitas ini dan memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Gojek,” kata dia.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 ini, mitra driver Gojek dan pengusaha UMKM kuliner merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjaga roda penggerak ekonomi lokal.

Maka dari itu, membantu mitra melewati masa sulit adalah salah satu prioritas utama Gojek saat ini.

“Situasi pandemi mempengaruhi pendapatan mitra GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman bunga ringan membantu meringankan beban keuangan mereka di masa sulit ini. Untuk merchant GoFood, fasilitas ini diharapkan mampu menjaga perputaran usaha mereka,” ujar dia.

Baca juga: Distribusi Kebutuhan Pokok, Kemendag Gandeng Gojek

Andre mengatakan dukungan Bank BRI memberikan fasilitas pinjaman yang khusus dirancang bagi mitra Gojek sangat membantu, khususnya agar arus kas pada masa sulit bisa kembali membaik.

Selain itu, Gojek juga tengah berdiskusi dengan pemerintah dan para pelaku industri lainnya mengenai perluasan upaya peringanan beban di sektor informal, termasuk penyaluran program KUR Pemerintah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X