Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, BNI Siapkan Uang Tunai Rp 10,24 Triliun Per Minggu

Kompas.com - 13/05/2020, 20:44 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan rata-rata uang tunai Rp 10,24 triliun per minggu, terhitung sejak 26 April 2020 hingga 23 Mei 2020.

Persiapan dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI YB Hariantono mengatakan, jumlah uang tunai tersebut menurun sebesar 17 persen dibanding periode pada Idul Fitri tahun lalu. Tahun lalu, rerata uang tunai tercapai Rp 12,31 triliun per minggu.

"Ini tidak terlepas dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah, banyak fasilitas umum, seperti tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan tutup dan berdampak pada aktivitas penarikan uang tunai," ujar Hariantono dalam konferensi video, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Mulai Mei 2020, BNI Turunkan Bunga Kartu Kredit Jadi 2 Persen

Hariantono memperkirakan, kebutuhan uang tunai di Outlet BNI juga akan turun sebesar 23 persen. Sebabnya, terdapat pengalihan operasi outlet sebanyak 30 persen dari total 1.984 outlet per posisi 11 Mei 2020 sebagai bentuk upaya menekan penyebaran Covid -19.

"Penyebab lainnya antara lain tidak ada libur panjang Lebaran tahun ini, karena libur lebaran digeser ke tanggal 28-31 Desember 2020," ucap dia.

Sementara itu, kebutuhan terhadap uang tunai akan mencapai puncaknya pada periode 17 – 23 Mei 2020, atau minggu terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri nanti.

Peningkatan kebutuhan pada periode tersebut disebabkan oleh pembayaran gaji dan THR sehingga kebutuhan uang tunai masyarakat dalam mempersiapkan Lebaran melonjak.

"Komposisinya sama seperti tahun lalu. Kebutuhan cash di Jabodetabek kami siapkan Rp 1,46 triliun per minggu dan di luar Jabodetabek Rp 8,88 triliun. Berarti porsinya 14 persen di Jabodetabek dan 86 persen di luar Jabodetabek," pungkasnya.

Baca juga: Simak Operasional BNI Selama Hari Raya Idul Fitri Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com