KILAS

Kinerja UMKM Terhambat Pandemi, Grab Dukung Program #BanggaBuatanIndonesia

Kompas.com - 14/05/2020, 15:56 WIB
Poster dukungan untuk meningkatkan penjualan UMKM lewat program #BanggaBuatanIndonesia. Grab IndonesiaPoster dukungan untuk meningkatkan penjualan UMKM lewat program #BanggaBuatanIndonesia.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia menginisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk mendorong peningkatan penjualan produk UMKM melalui jalur digital. Gerakan ini merupakan upaya membangkitkan kinerja pertumbuhan UMKM di masa pandemi Covid-19.

Dengan begitu, jangkauan pasar UMKM dapat diperluas hingga ke berbagai pelosok daerah melalui dukungan berbagai pihak, termasuk Grab.

Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab Grab berkomitmen tinggi mendukung gerakan tersebut bersama berbagai perusahaan lain di bawah naungan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Dengan gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Grab ingin membantu 56 juta UMKM Indonesia yang masih offline menjadi online, sehingga merasakan manfaat ekonomi digital.

Baca juga: Bantu Mitra Hadapi Pandemi, Grab Gandeng BRI Hadirkan Fasilitas Pinjaman Khusus

Salah satu upayanya adalah menghadirkan widget #BanggaBuatanIndonesia di aplikasinya agar pengguna dapat mengakses UMKM dengan mudah.

Widget tersebut juga menyediakan video tutorial cara mendaftarkan diri ke dalam platform Grab, sehingga UMKM yang masih offline juga bisa memanfaatkan platform online.

Dengan cara itu, UMKM bisa memanfaatkan layanan yang tersedia seperti GrabFood, GrabExpress, GrabMart, GrabKios, serta yang terbaru GrabAssistant.

Ridzki Kramadibrata Presiden Grab Indonesia mengatakan perusahaannya percaya pada percepatan transformasi digital dapat bantu UMKM Indonesia bertahan dan bangkit di situasi sulit saat ini.

Baca juga: Minggu Ketiga Ramadhan, Grab Motivasi Pengguna untuk Berpuasa Sambil Menikmati Beragam Layanannya

“Hal ini merupakan inisiatif yang telah dan akan terus kami lakukan melalui berbagai pelatihan, penyediaan teknologi, dan pengembangan platform Grab untuk memastikan teknologi kami dapat membawa dampak positif, sejalan dengan misi GrabForGood,” kata Ridzki.

Kabar baiknya, UMKM yang telah terdaftar dalam platform aplikasi tersebut juga berkesempatan memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui kolaborasi Grab dan BRI.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X