Bos ASDP Jamin Tidak Akan Ada Penumpukan Penumpang di Pelabuhan

Kompas.com - 14/05/2020, 16:30 WIB
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi di kantornya, Jakarta, Rabu (16/1/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi di kantornya, Jakarta, Rabu (16/1/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi memastikan, penumpukan penumpang yang dikecualikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tidak akan terjadi di pelabuhan.

Pasalnya, berbeda dengan bandara, proses verifikasi data dan dokumen calon penumpang tidak dilakukan di dalam pelabuhan. ASDP telah menyiapkan posko pengecekan atau buffer zone di luar pelabuhan untuk memastikan kelengkapan tiket hingga dokumen calon penumpang.

"Sedikit berbeda dengan bandara, kita itu check point di luar pelabuhan," kata Ira dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: Kemenhub Investigasi Maskapai yang Diduga Langgar Batasan Jumlah Penumpang

Proses pengecekan di buffer zone juga dibantu oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Dalam proses pengecekan tersebut, calon penumpang akan dicek terlebih dahulu maksud keberangkatan dan juga dokumen pelengkapnya.

"Jadi orang yang lolos ke pelabuhan diasumsikan sudah oke," ujarnya.

Selain itu, ASDP juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengatur aliran orang dan kendaraan menuju pelabuhan. Dengan demikian, penumpukan diharapkan tidak terjadi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kunci yang paling utama adalah koordinasi," katanya.

Baca juga: Larangan Mudik, 186.891 Kendaraan Dinas Melintas Gerbang Tol Cikarang Barat

Selain itu, Direktur Teknik dan Fasilitas ASDP Kusnadi Wijaya mengatakan, seluruh fasilitas ASDP dalam kondisi siap beroperasi mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

"Kami menyiapkan berbagai skenario, tapi yang saat ini kita gunakan adalah skenario tidak mudik," ucapnya.

Sebelumnya, ASDP mengatakan pihaknya sudah diberikan tugas oleh Kementerian BUMN untuk tidak memberikan kompromi kepada seluruh jajarannya yang membantu masyarakat untuk mudik.

Bahkan, ASDP tidak segan-segan untuk memecat petugas di lapangan yang terbukti meloloskan masyarakat yang nekat mudik.

Baca juga: Sempat Ada Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Kata AP II



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X