Imbas Corona, Industri Media Minta 7 Insentif ke Pemerintah

Kompas.com - 14/05/2020, 21:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap kinerja usaha di berbagai sektor industri, tidak terkecuali industri media.

Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media meminta adanya tindakan konkret oleh pemerintah untuk membantu industri media, para wartawan dan seluruh pekerja media yang terdampak oleh krisis akibat pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mendorong pemerintah untuk memberikan insentif bagi industri media.

Baca juga: Jonan Buka Suara Soal Langkah Erick Thohir Rombak Direksi PT KAI

"Dengan ini mendorong pemerintah untuk menaikkan stimulus di luar stimulus ekonomi sebesar Rp 405 triliun yang sudah diputuskan pemerintah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Agus mengatakan, ada 7 insentif yang diminta kepada pemerintah untuk menjaga keberlangsungan industri media di tengah pandemi Covid-19.

Pertama, mendorong pemerintah untuk tetap mengalokasikan dana sosialisasi kebijakan, program, atau kampanye penanggulangan Covid-19, baik di tingkat pusat maupun daerah untuk perusahaan pers.

Kedua, pemerintah diminta untuk memberikan subsidi harga kertas bagi perusahaan pers cetak sebesar 20 pers dari harga per kilogram komoditas tersebut.

Baca juga: Token Listrik Gratis Bulan Mei Sudah Bisa Diakses, Ini Caranya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.