KILAS

Targetkan Swasembada Pangan, Kementan Salurkan 447.047 Unit Alsintan

Kompas.com - 15/05/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi alat mesin pertanian (Alsintan). DOK. Humas Kementerian PertanianIlustrasi alat mesin pertanian (Alsintan).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan alat mesin pertanian ( alsintan) guna mencapai tujuan swasembada pangan yang berkelanjutan.

"Bantuan tersebut disalurkan kepada Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) maupun dinas dalam bentuk brigade di wilayah sentra produksi," ujarnya, Kamis (14/5/2020).

Menteri yang akrab disapa SYL ini juga menerangkan, sejak 2014 sampai 2019, Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) telah menyalurkan alsintan pra panen sebanyak 447.047 unit.

Alsintan tersebut terdiri dari traktor roda 2, traktor roda 4, cultivator, pompa air, rice transplanter, dan hand sprayer.

Dia juga menyebut, penyaluran alsintan melalui kelompok hingga brigade ini dilakukan karena pengelolaan alsintan secara perorangan kurang efisien.

Baca juga: Anggaran 900 Miliar Lebih, Kementan Minta Daerah Optimalkan Alsintan

Untuk itu, pemberdayaan alsintan melalui UPJA diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi petani dengan beragam bentuk pelayanan jasa alsintan yang dikelola dalam usaha tani.

Adapun, pelayanan jasa alsintan dapat berupa jasa sewa Alsintan, jasa olah tanah, jasa tanam, jasa panen, dan jasa simpan pinjam.

“Selain memberikan pendapatan, alsintan juga lebih terawat dan siapa pun bisa menggunakannya,” ungkapnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

SYL pun berharap, penggunaan teknologi pada alsintan mampu meningkatkan produksi padi pada tahun-tahun mendatang.

Bahkan, dia pun tidak ingin mendengar ada kabar penurunan produksi lagi karena sudah menggunakan teknologi.

Baca juga: Kementan Upayakan Pemanfaatan Alsintan Melalui UPJA dan KUB

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X