Kompas.com - 15/05/2020, 10:11 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (15/5/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.09 WIB rupiah berada pada level Rp 14.880 per dollar AS atau menguat 5 poin (0,03 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.885 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah terdorong sentimen positif dan negatif yang saling tarik menarik. Ini akan membuat rupiah begerak secara terbatas hari ini.

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

“Ekspektasi masih memburuknya data-data ekonomi karena wabah, memberikan tekanan turun untuk aset berisiko, namun di sisi lain mulai aktifnya perekonomian di beberapa negara pandemi memberikan sentimen positif ke pasar,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, pergerakan aset berisiko pagi ini cukup beragam dan rupiah berpeluang bergerak di kisaran yang sama akibat sentimen yang saling menarik ini.

Namun dengan tingginya minat pasar terhadap obligasi pemerintah Indonesia bisa mendukung penguatan rupiah hari ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, para analis memprediksi neraca perdagangan Indonesia bulan April akan defisit tipis 200 juta dollar AS, namun hal ini dapat dimaklumi pasar karena kondisi ekonomi global juga belum bagus.

“Jadi mungkin tidak terlalu berdampak ke rupiah,” tambah dia.

Baca juga: The Fed Bikin Rupiah Tertekan

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 15.000 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X