MIND ID Terbitkan Obligasi Global Senilai 2,5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 15/05/2020, 12:02 WIB
Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Pertambangan, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau biasa disebut MIND ID menerbitkan surat utang global (global bonds) senilai 2,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 37,5 triliun (kurs Rp 15.000 per dollar AS) pada Selasa, 12 Mei 2020.

Direktur Utama MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan, keberhasilan penerbitan obligasi terbesar di antara perusahaan pertambangan di Asia ini menunjukkan kepercayaan investor global terhadap prospek jangka panjang perusahaannya.

“Dengan tercapainya besaran pendanaan yang dibutuhkan dan target tingkat kupon yang diinginkan, penerbitan obligasi ini memperlihatkan kepercayaan investor terhadap kemampuan MIND ID dalam mengelola portofolio pembiayaan dan menjaga likuiditas,” ujar Orias saat teleconference dengan wartawan, Jumat (15/5/2020).

Baca juga: Bagaimana Mekanisme Penerbitan Obligasi Corona?

Orias menambahkan, global bonds tersebut dipasarkan di Singapura, Hong Kong, London, dan New York. Obligasi yang diterbitkan MIND ID ini mengalami kelebihan permintaan 6,4 kali dari penawaran yang diumumkan.

Adapun global bonds ini terdiri dari tiga masa jatuh tempo. Pertama, sebesar 1 miliar dollar AS dengan tingkat kupon 4,750 persen dan tenor hingga 2025.

Kedua, senilai 1 miliar dollar AS dengan tingkat kupon 5,450 persen dan tenor hingga 2030.

Ketiga, sebesar 500 juta dollar AS dengan tingkat kupon 5,800 persen dan tenor hingga 2050.

Baca juga: Holding BUMN Pertambangan Terbitkan Surat Utang Global Senilai Rp 37,5 Triliun

Dana yang didapat dari penerbitan surat utang global ini akan digunakan untuk pembelian kembali sebagian dari total obligasi senilai 4 miliar dollar AS yang pernah diterbitkan perusahaan pada 2018.

Lalu, untuk digunakan akuisisi strategis perusahaan-perusahaan yang dapat mendukung mandat MIND ID. Selanjutnya untuk membantu pelunasan pembiayaan-pembiayaan yang ada di grup MIND ID.

Sebelum MIND ID, PT Hutama Karya (Persero) telah menerbitkan surat utang global sebesar 600 juta dollar AS. Sedangkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga ikut menerbitkan global bonds senilai 500 juta dollar AS.

Dengan demikian dalam dua pekan terakhir global bond yang sudah diterbitkan BUMN mencapai 3,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 54 triliun.

Baca juga: Pemerintah Tak Jadi Terbitkan Pandemic Bonds, Mengapa?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X