Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Gandeng 5 Startup Pilihan, Grab Selamatkan UMKM yang Dihajar Pandemi

Kompas.com - 15/05/2020, 17:16 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah melewati berbagai penyeleksian, Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan Tiga akhirnya mengumumkan lima perusahaan rintisan (startup) yang akan mendapatkan pelatihan selama 16 pekan untuk meraih kesempatan berkolaborasi bersama Grab Indonesia dalam bentuk kemitraan komersial.

Adapun kelima perusahaan rintisan pilihan GVV batch ketiga tersebut terdiri dari empat startup asal Indonesia yaitu Luna POS, KliknClean, Printerous dan GetCraft. Sisanya, berasal dari Singapura, yakni Workmate yang memiliki target pasar utama Tanah Air.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan, GVV merupakan bentuk upaya Grab dalam mendukung bisnis startup agar mampu bertahan menghadapi gempuran pandemi virus Covid-19.

“Covid-19 telah memberikan dampak buruk bagi seluruh sektor di dunia, termasuk Indonesia. Bisnis startup menjadi salah satu yang terdampak. Sekitar 80 persen terkena dampak signifikan, seperti penurunan sales, pengurangan karyawan, dan kerugian untuk menutup operasional,” ungkap Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam konferensi virtual, Jumat (15/5/2020).

Sebenarnya, tema GVV batch ketiga ini sedikit mengalami penyesuaian. Dari yang awalnya memberdayakan pelaku usaha mikro di bidang kuliner dan logistik, berdasarkan urgensinya kini Grab memilih untuk fokus pada kuliner saja.

Asal tahu saja, mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia memukul 60 persen industri makanan dan minuman Tanah Air. 30 persennya mengalami penurunan omzet secara drastis.

Maka dari itu, hadirnya lima startup pilihan GVV Angkatan 3 diharapkan dapat mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner agar bisa bangkit kembali di tengah dampak wabah virus Covid-19 di Indonesia.

“Kami memilih lima startup ini karena mereka adalah ahli di berbagai sektor seperti manajemen keuangan, solusi kebersihan, branding, pemasaran, dan solusi tenaga kerja yang akan bermanfaat dalam mendukung UKM di bidang makanan dan minuman di Indonesia ke depannya,” ujar Neneng.

Grab Ventures Velocity mengumumkan lima finalis startup angkatan tiga lewat konferensi virtual, Jumat (15/5/2020).DOK. GRAB Grab Ventures Velocity mengumumkan lima finalis startup angkatan tiga lewat konferensi virtual, Jumat (15/5/2020).

Lebih lanjut, Neneng mengatakan, nantinya startup terpilih akan menguji layanan mereka ke basis merchant GrabFood. Mitra yang tertarik pada produk layanan mereka bisa mendaftarkan diri melalui Grab, kemudan akan disambungkan kepada pihak perusahaan rintisan.

Layanan yang ditawarkan harapannya dapat membantu mereka meningkatkan kinerja, sekaligus mengurangi biaya operasional.

Terkait kondisi UMKM Indonesia, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menko UKM) Republik Indonesia (RI) Teten Masduki yang turut serta dalam konferensi virtual mengungkapkan hal senada dengan Neneng.

"UKM merupakan salah satu sektor yang merasakan dampak paling besar dari pandemi Covid-19. Membantu keberlangsungan usaha mereka telah menjadi salah satu fokus Pemerintah saat ini," ujar Teten. 

Maka dari itu, Kemenkop UMKM berharap kelima startup GVV Angkatan 3 dapat memberikan solusi digital bagi pengusaha UMKM kuliner dalam mempertahankan bisnisnya, terutama di masa dan pasca Covid-19.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia (RI), Johnny G. Plate yang juga turut hadir menyampaikan dukungannya terhadap program GVV Angkatan 3 ini.

Terlebih, ungkap Johnny, Pemerintah sendiri tengah berfokus pada pembangunan ekonomi digital.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com