Penggunaan Internet Naik Saat Pandemi, Trafik Indihome Naik 25 Persen

Kompas.com - 16/05/2020, 03:51 WIB
Ilustrasi Indihome Doc. Telkom IndonesiaIlustrasi Indihome

BANDUNG, KOMPAS.com – Sejak pemerintah menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) dan belajar dari rumah, penggunaan internet meningkat.

Bahkan Telkom Regional 3 Jawa Barat mencatat, peningkatan penggunaan internet jaringan serat optik Indihome naik 20-25 persen.

“Kenaikan traffic tertinggi terjadi pada Februari-Maret dan Maret-April, mencapai 30 persen. Baru landai di April-Mei di 25 persen,” tutur Executive Vice President Telkom Regional III Jabar, M Khamdan dalam konferensi video, Jumat (15/5/2020).

Baca juga: Telkom Diminta Beri Akses Internet Gratis Selama Pandemi Covid-19

Khamdan menjelaskan, tingginya penggunaan internet disebabkan perilaku yang berubah setelah pandemi.

Jika dulu, para pekerja menggunakan internet kantor, kini di rumah, semua dilakukan melalui internet. Baik itu rapat, belajar, pengajian, semua melalui internet.

Dari data yang diperolehnya, peningkatan terbesar bandwidth untuk kebutuhan rapat virtual. Ini antara lain melalui Skype, Cloudx, Zoom, Google Meet, Webex, dan aplikasi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terbesar kedua adalah streaming YouTube. Kemudian diikuti edukasi, baru ke hiburan.

Baca juga: Bukan Kaleng-kaleng, IndiHome Luncurkan Layanan Internet Cepat 1 Gbps

“Kondisi ini diperkirakan akan membentuk suatu tren baru yang disebut new normal. Apakah itu kuliah, pengajian, ke depan akan banyak yang online,” imbuhnya.

Untuk mendukung tingginya aktivitas mayarakat, sejak Maret 2020, Telkom mengeluarkan paket IndiHome Learning From Home.

Paket ini mendukung aktivitas belajar online dari rumah. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah kampus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.