Erick Thohir: Ekonomi Indonesia Harus Kembali Bangkit

Kompas.com - 17/05/2020, 10:01 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi rumah dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang, Sabtu (16/5/2020). KOMPAS.com/pemprov jatengMenteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi rumah dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang, Sabtu (16/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kondisi perekonomian Indonesia harus kembali bangkit pasca pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Erick usai bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh Semarang, Sabtu (16/5/2020).

Menurut Erick, dalam pertemuan tersebut turut membahas mengenai bagaimana cara membangkitkan UMKM di Jawa Tengah.

Baca juga: Erick Thohir Pantau Distribusi Bansos untuk 1.000 Panti Asuhan

“Ekonomi Indonesia harus kembali bangkit dan salah satu yg paling dekat dengan ekonomi rakyat adalah UMKM,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya.

Erick pun mengaku akan mendorong BUMN-BUMN untuk menggandeng UMKM sebagai mitranya. Hal ini perlu dilakukan agar kebangkitan ekonomi di era new normal bisa terjadi.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menambahkan, setelah fokus ke masalah kesehatan dan sosial, pihaknya akan fokus ke permasalahan ekonomi.

Baca juga: Jonan Buka Suara Soal Langkah Erick Thohir Rombak Direksi PT KAI

“Sebab, mau tidak mau ekonomi harus disiapkan skenario-skenario untuk bisa bangkit usai Covid-19 ini,” kata Ganjar.

Terkait UMKM, Ganjar mengaku telah menggandeng e-commerce raksasa nasional untuk keperluan pelatihan dan kerja sama lainnya.

“Tapi kami masih kesulitan soal permodalan, maka dalam kesempatan baik ini, kami berharap ada perusahaan-perusahaan BUMN yang bisa membantu kami mengembangkan sektor ini,” ujar Ganjar.

Baca juga: Ruangguru Bantah Telah Terima Rp 3,8 Triliun dari Program Kartu Prakerja



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X