Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awali Pekan, Rupiah Dibuka Menguat

Kompas.com - 18/05/2020, 09:14 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot Senin (18/5/2020) dibuka menguat.

Mengutip data Bloomberg, rupiah di pasar spot dibuka pada Rp 14.855 per dollar AS. Menguat 0,03 persen dibandingkan penutupan akhir pekan di posisi Rp 14.860 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, rupiah mendapat tekanan dari sentimen penjualan ritel AS yang mengalami penurunan bulan kedua berturut-turut akibat dampak pandemi Covid-19.

Jatuhnya penjualan ritel yang dilaporkan oleh Departemen Perdagangan pada hari Jumat menambah jumlah pengangguran sebanyak 20,5 juta pekerja bulan lalu, dan masyarakat yang mengajukan tunjangan meningkat menjadi 36,5 juta orang.

“Ini menggarisbawahi kemerosotan ekonomi yang semakin dalam. Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Rabu lalu memperingatkan 'periode perpanjangan' pertumbuhan yang lemah dan pendapatan yang stagnan,” kata Ibrahim, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: PSBB Dibuka, Karyawan BUMN di Bawah 45 Tahun Diizinkan Masuk Kantor 25 Mei

Namun demikian, rupiah berpeluang menguat, seiring respons positif pasar tehadap rencana pembukaan kantor BUMN pada (25/5/2020) mendatang.

Kabar terbaru bahwa Kementrian BUMN akan kembali berkantor per 25 Mei 2020 berdasarkan Surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tertanggal 15 Mei 2020.

“Ini mengindikasikan pemerintah merespon keinginan pasar untuk kembali melonggarkan pelonggaran (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) PSBB dan ini di luar prediksi yang seharusnya 1 juni 2020 baru akan di laksanakan PSBB,”ujar dia.

Ibrahim menjelaskan, apa yang dilakukan oleh pemerntah dan Menteri BUMN menambah kepercayaan pasar.

Sebelumnya, Gubernur DKI Anis Baswedan telah mengeluarkan pergub No.47 Tahun 2020 terkait langkah antisipasi pergerakan Hari Raya Idul Fitri dengan pembatasan antar wilayah. Kebijakan Anies ini mendapat kritik tajam baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Hari ini, rupiah diproyeksikan bergerak pada rentang Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 14.950 per dollar AS.

Baca juga: Usai Corona, Sri Mulyani Bebaskan PNS Kemenkeu Kerja dari Mana Saja, Ini Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com