Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan: Saya Kurang Setuju BUMN Menjadi Dominan

Kompas.com - 18/05/2020, 12:34 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai, tidak seharusnya perusahaan pelat merah mendominasi proyek ataupun usaha nasional.

"Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) salah mengangkat saya sebagai menteri BUMN, karena saya kurang setuju BUMN menjadi dominan," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Senin (18/5/2020).

Menurut pria yang juga sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) itu, dengan adanya dominasi dari BUMN maka pelaku usaha swasta akan kesulitan untuk bersaing.

Baca juga: Pertamina Siapkan Protokol New Normal di SPBU

"Kok rakyatnya yang mau sukses lewat bisnis malah disaingi," katanya.

Oleh karenanya, Dahlan mendorong agar seluruh perusahaan pelat merah untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan demikian, masyarakat dapat memiliki sebagian saham perusahaan negara.

"Pada akhirnya BUMN harus jadi perusahaan go public agar dapat dimiliki rakyat," kata dia.

Baca juga: Sederet Sanksi Bagi Perusahaan yang Mangkir Bayar THR Karyawan

Meski menolak dominasi BUMN, Dahlan mengaku sempat bersyukur pemerintah masih memegang kepemilikan perusahaan-perusahaan besar yang bersifat strategis. Seperti hal-nya kepemilikan bank negara.

Menurutnya, pada saat krisis global 2008, jika pemerintah tidak memiliki sama sekali bank, bukan tidak mungkin seluruh bank di Indonesia saat ini sudah dimiliki perusahaan asing.

"Ketika terjadi krisis perbankan dan krisis moneter itu saya harus bersyukur, seandainya bank-bank besar di Indonesia tidak dimiliki BUMN, mungkin seluruh bank di Indonesia dimiliki asing," ucapnya.

Baca juga: Harga BBM Belum Turun, Dahlan: Sedekah Terbesar Kita ke Pertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com