Dahlan Iskan Minta BUMN Fokus Selamatkan Perekonomian

Kompas.com - 18/05/2020, 13:26 WIB
Dahlan Iskan KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIDahlan Iskan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta kepada perusahaan pelat merah untuk berpartisipasi aktif meredam dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Bidangnya BUMN dalam hal Covid-19 sebaiknya fokus, fokus, dan sekali lagi fokus untuk penyelamatan ekonomi," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Senin (18/5/2020).

Menurutnya, perusahaan milik negara harus terfokus dalam penanganan ekonomi nasional. Sebab, dampak-dampak di sektor lain bisa ditangani oleh kementerian atau lembaga lain.

"Karena negara ini besar sekali. Menurut saya perlu bagi-bagi tugas," katanya.

Baca juga: Pegawai BUMN Masuk Kantor Tunggu Keputusan Menkes dan Gugus Tugas

Pria yang sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) itu mengakui, tidak mudah bagi BUMN untuk menyelamatkan ekonomi yang tengah tertekan pandemi Covid-19.

Pasalnya, sama hal-nya dengan perusahaan pada umumnya, banyak BUMN yang tertekan bahkan merugi akibat pandemi ini.

"BUMN perusahaan yang nasibnya sama degan perusahaan lain di Covid-19 ini juga kena musibah," kata dia.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin BUMN dapat menyelamatkan perekonomian nasional. Perbankan pelat merah dia sebut sebagai pihak yang memiliki peranan sentral dalam menjaga ekonomi nasional.

Baca juga: Tanri Abeng: Kalau Manajemennya Diobok-obok, Kinerja BUMN Tak Akan Optimum

"Dengan cara semua orang sudah tahu, bahwa bagaimana kredit-kredit di reschedule, bukan dihapus, bukan dipotong, pembayaran cicilannya ditunda," tutur dia.

Dengan total aset hingga penyaluran kredit yang dimiliki oleh bank-bank pelat merah saat ini, Dahlan yakin sektor perbankan dapat membantu merelaksasi tekanan ekonomi dari pandemi Covid-19.

"Apalagi bisa seperti BRI yang bisa mendapatkan pinjaman baru-baru ini dengan sangat besar dan bunga murah," ucapnya.

Baca juga: Dahlan Iskan: Saya Kurang Setuju BUMN Menjadi Dominan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X