Aktivitas Ekonomi Bakal Kembali Berjalan, Masyarakat Harus Adaptasi dengan New Normal

Kompas.com - 18/05/2020, 18:09 WIB
Ilustrasi work from home Dok. PrivyIDIlustrasi work from home

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nasari berharap aktivitas perekonomian bisa kembali berjalan setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan.

Pemerintah pun diharapkan segera menetapkan draf Panduan Pemulihan Ekonomi dalam 5 fase yang telah dikaji Menko Perekonomian.

“Untuk itu setiap orang wajib patuhi semua aturan dan protokol kesehatan bila segera dibuka kembali kegiatan aktivitas ekonomi,” kata Ketua KSPPS Nasari Chandra Vokav Saritua dalam pernyataan tertulis, Senin (18/5/2020).

Ia berharap, aktivitas ekonomi di Jakarta dapat segera dibuka setelah 25 Mei 2020.

“Dan jangan ada lagi perpanjangan PSBB di DKI Jakarta. Karena DKI Jakarta adalah barometer ekonomi nasional dan 90 persen transaksi bisnis nasional dilakukan di DKI Jakarta,” ujar dia.

Baca juga: Jokowi: Saya Tegaskan, Belum Ada Pelonggaran PSBB

Nasari Group pun mengajak seluruh elemen bangsa agar segera bersiap beradaptasi menghadapi kondisi normal baru.

"Aktivitas ekonomi harus segera dimulai kembali karena tidak mungkin selamanya kita terus berhenti. Sekali lagi kami berseru agar pemerintah benar-benar telah siapkan semuanya dengan matang sebelum semua kegiatan dimulai lagi," kata Wakil Ketua KSP Nasari Frans Meroga Panggabean.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang hanya 2,97 persen pada kuartal I-2020 dan jumlah korban PHK yang telah mencapai 6 juta orang seharusnya telah menjadi tanda bahaya yang harus dicermati serius.

"Hingga akhir 2020 semua sektor lain seperti manufaktur, ekspor impor, dan pariwisata pasti butuh waktu untuk bangkit. Kita butuh penyangga yang kuat dan sejarah manis ekonomi kerakyatan muncul sebagai pahlawan penyelamat seperti tahun 1998 harus kita ulang kembali," katanya.

Gotong royong

Chandra mengajak seluruh elemen bangsa untuk saling mendukung. Dengan bermodalkan semangat gotong royong, imbuh dia, semua imbas pandemi dapat dilalui.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X