Situs Tandingan Prakerja Bikin Tutorial Instal Windows 10 Gratis

Kompas.com - 19/05/2020, 09:37 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRAWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Di media sosial ramai diperbincangkan berbagai pelatihan online Kartu Prakerja dengan bayaran yang cukup mahal. Contohnya, pelatihan belajar instal Windows 10 yang dihargai sebesar Rp 260.000.

Sejumlah netizen melontarkan kritik, di mana menurut mereka, cara menginstal Windows 10 bisa dilakukan dengan mudah atau tinggal menekan tombol "next atau selanjutnya", namun di Kartu Prakerja, untuk pembelajaran tahapannya harus membayar Rp 260.000.

Baru-baru ini, situs tandingan Kartu Prakerja, Prakerja.org juga meluncurkan tutorial online cara menginstal Windows 10. Bedanya, situs ini bisa diakses tanpa perlu membayar alias gratis.

Prakerja.org muncul sebagai bentuk kritik pada kursus online Kartu Prakerja yang berbayar. Prakerja.org menyediakan berbagai kursus online secara gratis dan bisa diakses untuk semua orang lewat laman Prakerja.org.

Baca juga: Muncul Situs Tandingan Kartu Prakerja, Semua Pelatihannya Gratis

"Dalam video kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara instal Windows 10 terbaru 2019. Video ini sudah kami buat dengan sangat jelas dan lengkap mulai dari persiapan bahan hingga proses penginstalan Windows 10," tulis Prakerja seperti dilihat pada Selasa (19/5/2020).

Modul materi berbentuk video tutorial yang melekat di Youtube dengan materi antara lain menyiapkan installer Windows 10 ke flasdisk, setting bios, langkah proses instal, dan mengatur Windows saat pertama kali digunakan.

Di Prakerja.org, pelatihan gratis instal Windows 10 disediakan oleh trainer bernama Mr Giga.

"Mr Giga adalah channel yang berisi tutorial tentang Windows serta cara mengatasi error yang terjadi di saat kita akan memainkan games atau menjalankan sebuah aplikasi. Kami akan selalu berusaha membuat video sebaik mungkin agar dapat dengan mudah dimengerti oleh kawan-kawan semuanya," tulis Prakerja.org.

Baca juga: Tuai Kritik, Belajar Instal Windows Bayar Rp 260.000 di Kartu Prakerja

Website Prakerja.org muncul sebagai bentuk kritik kepada pemerintah yang menggulirkan program Kartu Pekerja di mana peserta bisa mengikuti kursus berbayar, namun biaya kursusnya ditanggung pemerintah atau APBN di tengah pandemi Covid-19.

Pelatihan online Kartu Prakerja menuai kritik karena harga paket kursusnya yang mahal dengan materi-materi dianggap dasar dan banyak ditemukan gratis di internet.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami," tulis admin Prakerja.org.

Berbeda dengan program Kartu Pekerja yang diluncurkan pemerintah, semua kursus online di situs ini tak dipungut biaya sama sekali. Selain itu, setiap orang bisa ikut berkontribusi menyumbang konten modul pelatihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X