KILAS

Minat Asuransi Pertanian Meningkat, Hingga Mei Sudah 333.505 Hektar Diasuransikan

Kompas.com - 19/05/2020, 20:26 WIB
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo membuka Gerakan Percepatan Tanam, Selasa (12/05/2020).
 
Dok. Humas KementanMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo membuka Gerakan Percepatan Tanam, Selasa (12/05/2020).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, banyak pencapaian sejak asuransi pertanian dilakukan, salah satunya adalah menciptakan rasa aman bagi petani untuk berproduksi.

Hal itu terbukti dari meningkatnya minat petani pada Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Terbukti, hingga Mei 2020, realisasi AUTP mencapai 333.505 hektar ( ha) atau 41,69 persen dari target 1 juta ha tahun 2020.

Menteri yang akrab disapa SYL ini menjelaskan, Kementerian Pertanian (Kementan) sendiri menargetkan realisasi AUTP hingga Mei mencapai 430.000 ha.

"Kita tidak ingin kalau kena bencana alam seperti banjir, kekeringan, bencana alam, atau sapi yang mati itu menyebabkan petani yang rugi," katanya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Ini 4 Produk Anti Virus Corona yang Dipatenkan Balitbangtan Kementan

SYL menyebut, setelah bergabung dalam sebuah kelompok tani dan memahami manfaat jaminan kerugian yang didapat dari program asuransi pertanian, maka petani bisa segera mendaftarkan diri.

Namun, waktu pendaftaran biasanya paling lambat berlangsung 30 hari sebelum musim tanam dimulai.

"Untuk mendaftarkan diri, petani juga akan mendapat pendampingan khusus dari petugas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," tuturnya.

Perlu diketahui, AUTP merupakan upaya Kementan untuk melindungi usaha tani dari bencana banjir, kekeringan, atau serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). 

Dengan begitu AUTP, petani masih bisa melanjutkan usahanya ketika terkena bencana atau OPT.

Meningkat tiap tahun

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan, realisasi AUTP tiap tahun cenderung meningkat.

Baca juga: Kementan Perbaiki Infrastruktur Air untuk Optimasi Lahan Rawa

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X