Industri Ritel Diprediksi Alami Perbaikan Paling Cepat Pasca Pandemi Covid-19

Kompas.com - 19/05/2020, 21:18 WIB
Ilustrasi belanjaan Pixabay/Steve BuissinneIlustrasi belanjaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai sektor industri mengalami pukulan berat selama pandemi Covid-19. Namun, setelah pandemi ini berlalu, industri ritel diprediksi akan menjadi sektor yang mengalami perbaikan paling pesat.

Legal Partner Grant Thornton Indonesia Kurniawan Tjoetiar mengatakan, pasca-Covid-19 konsumsi masyarakat dipastikan akan tumbuh kembali.

Oleh karenanya, industri ritel sebagai pemasok utama konsumsi masyarakat diprediksi akan mengalami pertumbuhan signifikan setelah pandemi Covid-19 berlalu.

"Rebound paling cepat akan terjadi di sektor ritel. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari masyarakat," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Imbas Virus Corona, Agoda PHK 1.500 Karyawan

Selain itu, sektor pariwisata juga diprediksi akan mengalami perbaikan setelah terpuruk cukup dalam akibat keberadaan pandemi Covid-19.

Menurut Kurniawan, melihat trend yang ada saat ini, khususnya pada kalangan milenial, industri pariwisata akan kebanjiran permintaan setelah Covid-19 berlalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita melihat indikasi banyak kaum milenial meniympan uang untuk berpergian," katanya.

Kendati demikian, Kurniawan menilai sektor pariwisata harus merubah pendekatannya. Dimana setelah pandemi Covid-19, kesehetan dan keselamatan akan menjadi salah satu prioritas utama masyarakat.

"Pendekatannya bukan lagi low cost, tapi lebih ke safety dari segi kenyamanan dan keselamatan terjaga, meski perlu membayar premium," tuturnya.

Baca juga: Pariwisata Dihantam Corona, Ekonomi Thailand Minus 1,8 Persen

Lebih lanjut, Kurniawan menyarankan kepada pemerintah untuk menjaga angka konsumsi masyarakat, demi mendukung perbaikan ekonomi nasional dari sektor riil.

"Sepanjang ekonomi ke menengah ke bawah bisa dihidupkan pemerintah, dampaknya perekomomian akan cepat pulih," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.