Pagi Ini, Rupiah Menguat Ada di Level Rp 14.755 Per Dollar AS

Kompas.com - 20/05/2020, 09:27 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (20/5/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.01 WIB rupiah berada pada level Rp 14.755 per dollar AS atau menguat 15 poin (0,1 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.770 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah pagi ini terdorong sentimen positif, akibat perekonomian yang kembali bergerak dan penurunan jumlah kasus Covid-19.

Baca juga: IHSG Diproyeksikan Bakal Terkoreksi, Ini Sentimennya

“Sentimen positif masih terlihat di pasar keuangan pagi ini meskipun pasar keuangan AS mengalami tekanan semalam. Pasar masih optimis dengan mulai bergeraknya kembali perekonomian dan perkembangan wabah yang menurun di beberapa negara pandemi,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Selain itu sentimen positif juga datang dari perkembangan uji coba vaksin Covid-19 oleh perusahaan bioteknologi asal AS, Moderna Inc.

Namun demikian pasar tetap berhati-hati karena ketidakpastian masih tinggi akibat wabah Covid-19 yang belum benar-benar tuntas. Ini ditambah lagi dengan data-data ekonomi yang masih memburuk.

Baca juga: Indonesia Diyakini Akan Jadi Pemimpin Ekonomi Syariah Global

“Untuk CAD (Defisit Neraca Transaksi Berjalan), kalau negatif tidak terlalu mempengaruhi rupiah karena memang sudah diekspektasi demikian. Tapi kalau positif, ini bisa mendukung penguatan rupiah,” kata dia.

Ariston memproyeksikan, rupiah bisa menguat ke level Ro 14.700 per dollar AS, dengan resisten di kisaran Rp 14.900 per dollar AS

Baca juga: 392.338 Korban PHK Tercatat Jadi Peserta Kartu Prakerja

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X