Setelah Lebaran, Karyawan Pelindo III Mulai Masuk Kerja

Kompas.com - 20/05/2020, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) akan menerapkan skema kerja baru setelah hari raya Idul Fitri tahun ini.

Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mengacu pada surat edaran tersebut, karyawan Pelindo III akan kembali bekerja penuh setelah Lebaran 2020.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Karyawan BUMN Tetap Libur Saat Lebaran

Keputusan ini diambil sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis logistik dan kemaritiman untuk menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung langkah-langkah strategis pemerintah.

“Setelah Idul Fitri nanti, kami akan menjalankan skenario new normal agar kegiatan logistik lebih bergairah dan pulih, sehingga diharapkan dapat  menggerakkan ekonomi nasional dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/5/2020).

Doso menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan skema antisipasi skenario the new normal, mulai dari penerapan protokol kesehatan, penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH), hingga penerapan layanan digital untuk kegiatan operasionalnya.

Menurut Doso, di perusahaannya sistem pelayanan kepelabuhanan telah berbasis internet yang diberi nama Port Operation Command Center atau (POCC). Layanan ini bertujuan untuk mengatur seluruh aktivitas kepelabuhanan, baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal.

Baca juga: IPC Siapkan Skenario New Normal di Pelabuhan

Selama ini, lanjut Doso, Pelindo III telah menerapkan pelayanan dan operasional berbasis digital melalui berbagai sistem dan aplikasi.

Misalnya, single portal Integrated Billing System (IBS) yang memiliki layanan e-regristration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care.

Selain itu, juga ada aplikasi meeting online yang dapat memudahkan perusahaan pelayaran dan agen kapal rapat dari kantornya masing-masing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.