Gara-gara Obat Covid-19, Saham Fujifilm Anjlok 5 Persen

Kompas.com - 20/05/2020, 14:39 WIB
Saham Fujifilm meroket. KOMPAS.com/Yoga Hastyadi WidiartantoSaham Fujifilm meroket.

TOKYO, KOMPAS.com - Harga saham Fujifilm Holdings terperosok hingga 5 persen pada perdagangan Rabu (20/5/2020) pagi waktu setempat.

Dilansir dari Nikkei Asian Review, ini seiring dengan laporan mengenai uji klinis yang menunjukkan obat flu produksi mereka, Avigan mampu secara efektif mengobati pasien virus corona.

Dikembangkan oleh anak perusahaan Fujifilm, Avigan dalam beberapa waktu belakangan ini telah menjadi kandidat obat untuk mengobati pasien virus corona dengan gejala ringan.

Baca juga: Obatnya Disebut Ampuh Lawan Corona, Saham Fujifilm Meroket

Namun demikian, stasiun televisi nasional Jepang pada Selasa (20/5/2020) melaporkan hasil uji klinis tidak dapat membuktikan keefektifan obat tersebut.

Selain itu, masih dibutuhkan uji klinis lanjutan untuk bisa mengumpulkan data lebih lanjut.

Selain Fujifilm, harga saham produsen produk kimia Denka Company yang menjadi pemasok bahan baku Avigan pun terperosok hingga 6 persen.

Sebelumnya, pemerintah Jepang menyatakan akan menyetuji penggunaan Avigan yang dikatakan mampu menahan produksi virus di dalam tubuh. Perdana Menteri Shinzo Abe pun meminta Kementerian Kesehatan setempat melakukan peninjauan lebih jauh terkait hal itu.

Adapun Pemerintah China pada pertengah Maret lalu juga sempat menyatakan, Avigan merupakan salah satu obat yang ampuh untuk menangani pasien Covid-19.

"Obat tersebut sangat aman dan efektif," jelas Direktur Kementerian Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional China dalam sebuat sebuah keterangan pers.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X