Pemerintah Sudah Salurkan Rp 2,59 Triliun untuk Bantu Desa Lawan Covid-19

Kompas.com - 20/05/2020, 15:42 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam salah satu kesempatan. DOK. Humas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam salah satu kesempatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memastikan penyaluran anggaran dana desa untuk melawan pandemi Covid-19 di tingkat desa terus berlangsung.

Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melaporkan, dari total penyaluran dana desa tahap I sebesar Rp 20,9 triliun, yang sudah dipakai untuk desa tanggap Covid-19 sebesar Rp 2,59 triliun.

"Jadi untuk desa tanggap Covid-19 atau relawan desa lawan Covid-19 ini, sudah dipakai sebesar Rp 2,59 triliun," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020). 

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi AS Bisa Anjlok 38 Persen Akibat Pandemi Covid-19

Menurut dia, dana tersebut relatif kecil dibanding dengan total desa di seluruh Indonesia yang mencapai 74.953 desa.

Namun, Abdul menilai penanganan Covid-19 di tingkat desa berlangsung efisien dan efektif, sebab skala desa yang relatif kecil, sehingga pemetaannya tidak terlalu kompleks. 

"Dan zonasinya mudah dicermati secara lebih masif lagi karena tak lagi bicara wilayah tapi lebih ke per orang. Itulah makanya saya mengatakan penanganan Covid-19 akan sangat bagus pada perjalanan berikutnya," tuturnya dia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dana desa tanggap Covid-19 digunakan untuk sosialisasi, pembangunan pos, hingga pembangunan ruang isolasi Covid-19.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Saatnya Pelaku UMKM Unjuk Gigi

Lebih lanjut, Abdul optimis dengan langkah-langkah yang sudah dilakukan berbagai desa akan mampu meredam dan mengatasi penyebaran Covid-19.

"Kemudian bagaimana pemulihan dan seterusnya itu sangat bagus ketika difokuskan di desa," kata dia.

Efektifnya penggunaan dana desa tanggap Covid-19 terefleksikan dengan tingginya angka orang dalam pantauan (ODP) yang mencapai 179.682 orang, namun hanya 629 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

"Saya yakin ketika kita melakukan penguatan di desa dengan new normal dibiasakan sedemikian rupa, seperti cuci tangan hingga physical distancing, Covid-19 bisa ditangani," ucapnya.

Baca juga: Mendes PDTT: 17.259 Desa Sudah Salurkan BLT Dana Desa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.