Gabung KUMKM Hub, Apa Saja Keuntungannya?

Kompas.com - 20/05/2020, 17:06 WIB
CEO Blibli.com Kusumo Martanto. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEACEO Blibli.com Kusumo Martanto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama CEO Blibli Kusumo Martanto resmi meluncurkan kanal digital UMKM yaitu KUMKM Hub.

KUMKM Hub ini merupakan kanal khusus yang berada di platform Blili yang isinya ribuan produk-produk buatan UMKM.

"Semua pelaku UMKM yang ingin produknya dijual dan ingin dibeli oleh banyak orang bisa melalui platform ini," ujar CEO Blibli Kusumo Martanto dalam virtual conference, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: Gandeng Blibli, Kemenkop UKM Luncurkan Hub UMKM

Ia menyebutkan, bagi para pelaku UMKM yang ingin bergabung di platfrom ini ada dua metode pilihan yaitu mendaftarkan langsung melalui Kementerian Koperasi ataupun langsung ke Blibli.

"Jadi UMKM yang ingin bergabung bisa daftar langsung ke kementerian koperasi atau ke manajamen Blibli langsung," jelasnya.

Para pelaku UMKM yang bergabung dengan KUMKM Hub akan mendapatkan bantuan memasarkan produk. Selain itu  juga mendapatkan pelatihan-pelatihan seputar dunia usaha.

"Bahkan apabila pelaku UMKM membutuhkan dukungan logistik dengan warehouse kita bisa bantu, kita juga kasih pelatihan bahkan memberikan bantuan promosi barang yang dijual dengan menyediakan dana promosi untuk awal sekitar Rp 2 juta per UMKM. Hal yang penting menurut kami adalah para UMKM bisa terus bertransaksi dan naik kelas," jelasnya.

Kusumo menyebutkan, beberapa pelaku UMKM sudah bergabung ke KUMKM Hub. Dia berharap setelah resmi diluncurkan per hari ini, jumlah UMKM yang bergabung semakin banyak.

Pihaknya pun membuka pintu bagi para UMKM yang pernah bergabung di platform lain.

"KUMKM ini sifatnya bukan ekslusif tapi inklusif, jadi siapa saja yang ingin mau bergabung yah silakan," sebutnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Saatnya Pelaku UMKM Unjuk Gigi



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X