Adaro Energy Bagi-bagi Dividen Rp 3,7 Triliun

Kompas.com - 21/05/2020, 09:07 WIB
Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (9/6/2016). Iwan SupriyatnaDirektur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020 PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sepakat mengalokasikan 62 persen laba tahun 2019 sebagai dividen untuk dibagikan kepada pemegang saham.

Presiden Direktur dan CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, dari total laba yang diraup tahun lalu sebesar 404 juta dollar AS, pihaknya sepakat membagikan dividen sebesar 250 juta dollar AS atau setara sekira Rp 3,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.800 per dollar AS).


"Kami menjaga komitmen untuk membagikan dividen tunai kepada para pemegang saham, yang berjumlah 250 juta dollar AS untuk tahun 2019," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (21/5/2020).

Baca juga: Harga Batu Bara Merosot, Pendapatan Kuartal I 2020 Adaro Turun

Pria yang akrab disapa Boy Thohir itu menjelaskan, pembayaran dividen terdiri dari dividen tunai interim sebesar 150 juta dollar AS yang dibayarkan pada tanggal 15 Januari 2020 dan 100 juta dollar AS yang akan dibagikan dalam bentuk dividen tunai final.

Kemudian, Adaro sepakat untuk mengalokasikan 150,5 juta dollar AS sebagai laba ditahan.

"Sisanya sebesar 3,5 juta dollar AS akan disisihkan sebagai dana cadangan, sebagaimana yang dijelaskan pada pasal 70 UU No. 40 tahun 2007," ujar Boy.

Menurutnya, realisasi kinerja Adaro masih berjalan dengan baik, di tengah terpuruknya harga jual rata-rata batu bara sepanjang tahun lalu.

 

Adaro berfokus meningkatkan keunggulan, sekaligus menekan biaya operasional.

Baca juga: Tertarik Kerja di Tambang? Adaro Lagi Buka Banyak Lowongan

Untuk tahun ini, di tengah keterpurukan pasar global akibat pandemi Covid-19, Adaro akan melakukan langkah serupa, yakni meningkatkan keunggulan operasional, pengendalian biaya dan efisiensi.

"Kami melakukan upaya terbaik untuk mengatasi tantangan jangka pendek ini dengan dukungan operasi, model bisnis dan posisi keuangan yang solid," ucap Boy.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X