Investree: Pinjaman untuk UKM Sektor Kesehatan Meningkat

Kompas.com - 22/05/2020, 04:51 WIB
CEO Investree Adrian Gunadi KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATICEO Investree Adrian Gunadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi finansial ( fintech) peer to peer lending Investree melaporkan peningkatan jumlah pemberi pinjaman (lender) dan peminjam (borrower) di bulan Ramadhan yang juga di tengah pandemi virus corona.

Data Investree menunjukkan, jumlah peminjam mengalami kenaikan pada bulan Ramadhan. Ini disebabkan peningkatan kebutuhan dana untuk tunjangan hari raya (THR) karyawan yang kebanyakan dari pengusaha UKM.

Selain itu, peminjam dari sektor kesehatan juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca juga: Investree Raih Pendanaan Setara Rp 381,2 Miliar

Hal ini dikarenakan adanya kepentingan utama untuk membantu kekuatan medis untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh dalam mendukung UKM Indonesia untuk tetap beroperasi dan bangkit di masa pandemi ini melalui dukungan di sisi cashflow atau arus keuangan.

"Kami juga sangat senang dapat mendukung borrower di sektor kesehatan sehingga dapat memudahkan mereka dalam bekerja untuk mengatasi penyebaran virus yang telah merenggut nyawa ribuan orang ini," ungkap Adrian dalam keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020).

Adrian menjelaskan, Investree mengimbau agar pelaku usaha selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dan berfokus pada sektor usaha tertentu yang menjadi bagian dari ekosistem rantai pasokan pemerintah, lembaga multinasional atau terbuka, dan BUMN.

Baca juga: Perluas Akses Kredit ke UKM, Danamon Gandeng Investree

“Seluruh pinjaman di Investree akan terus dikelola secara sehat melalui pengaplikasian mitigasi risiko yang komprehensif termasuk dengan memberikan jaminan atau asuransi sehingga lender tidak perlu khawatir memberikan pendanaan di Investree,” jelas Adrian.

Hingga akhir Mei 2020, Investree membukukan catatan total fasilitas pinjaman Rp 5,68 triliun dan nilai pinjaman tersalurkan Rp 4,08 triliun.

Adapun rata-rata tingkat pengembalian (return) 16 persen per tahun dan TKB90 mencapai 97,75 persen.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X