"Salam Tempel" Lebaran? Pakai Aplikasi Dompet Digital Saja

Kompas.com - 22/05/2020, 18:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari.

Meskipun pandemi virus corona atau Covid-19 sedang melanda, namun suka cita dan syukur telah menjalankan ibadah puasa dan meraih kemenangan di hari raya Idul Fitri tidak boleh luntur.

Salah satu tradisi keluarga yang paling ditunggu dan rutin dilakukan khususnya di Indonesia adalah tradisi ‘salam tempel’ atau angpao.

Baca juga: Bagi-bagi Angpao di Masa Pandemi, Ini Kata Perencana Keuangan

Menurut definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salam tempel adalah salam yang disertai uang atau amplop berisi uang dan sebagainya yang diselipkan dalam tangan orang yang disalami.

Salam tempel biasanya diberikan oleh kerabat dekat yang lebih tua dan sudah bekerja kepada kerabat yang lebih muda maupun dari mereka yang lebih muda kepada orang tua.

Salam tempel merupakan salah satu wujud tanda sayang dan perhatian mereka.

Namun, di tengah suasana pandemi yang belum terlihat tanda-tanda membaik, sebagian besar masyarakat tidak bisa menemui kerabat dekat di luar kota karena himbauan tegas dari pemerintah untuk tidak mudik.

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga menghalangi kesempatan silaturahmi walau tinggal di kota yang sama.

Baca juga: Antisipasi Angpao Lebaran Masyarakat, BTN Siapkan Rp 12,15 Triliun

Kalaupun bisa bertemu, salam tempel tentu masih berisiko menjadi media penyebaran virus melalui droplet yang ada di amplop atau uang yang ada di dalam amplop tersebut.

Melihat hal tersebut, OY! Indonesia, aplikasi pintar untuk solusi finansial dari Indonesia membuat gerakan salam tempel melalui aplikasi tersebut.

Salam tempel dapat diberikan melalui transfer antar bank atau top up e-wallet.

"Selain mengurangi potensi penyebaran virus corona, salam tempel melalui OY! juga lebih fleksibel dan mudah karena bisa dilakukan di manapun. Artinya, walaupun kondisi sedang sulit, masyarakat dapat tetap berbagi kebaikan dengan kerabat dekatnya," kata Sarah Azzahra Rilyadi, Head of Marketing OY! Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: Tak Bisa Mudik, Ini Cara Kirim Angpao Lebaran via BCA Mobile

OY! juga menghadirkan fitur transaksi antar bank dan top up yang bebas biaya admin untuk membuat pengeluaran masyarakat menjadi lebih efisien di masa sulit ini.

Dengan adanya fitur-fitur ini, diharapkan silaturahmi tetap terjaga walau sedang berada di tengah pandemi virus corona.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X