Berkat E-commerce, Pria 40 Tahun Ini Jadi Orang Terkaya Ketiga China

Kompas.com - 26/05/2020, 11:08 WIB
Ilustrasi E-commerce SHUTTERSTOCKIlustrasi E-commerce

NEW YORK, KOMPAS.com - Orang terkaya ketiga di China ternyata baru berusia 40 tahun. Ia pun dinobatkan sebagai miliarder pengusaha termuda di Negeri Tirai Bambu itu.

Dilansir dari Forbes, Selasa (26/5/2020), Colin Zheng Huang mendirikan platform belanja online Pinduoduo pada tahun 2015. Kemudian, Pinduoduo melantai di bursa saham Nasdaq AS pada tahun 2018 lalu.

Pada akhir pekan lalu, saham Pinduoduo melesat 14,5 persen. Akhirnya, kekayaan Huang pun bertambah 4,5 miliar dollar AS menjadi 35,6 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 525,3 triliun (kurs Rp 14.757 per dollar AS).

Baca juga: Berkat PUBG, Bos Tencent Depak Jack Ma dari Orang Terkaya China

Huang pun menjadi orang terkaya ketiga di China dan menduduki peringkat 25 daftar orang terkaya di dunia.

Dalam daftar orang terkaya di China, Huang berada persis di bawah pendiri Alibaba Jack Ma yang kekayaannya mencapai 41,3 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 609,1 triliun.

Adapun orang terkaya di China adalah pimpinan Tencent Ma Huateng yang kekayaannya mencapai 46,4 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 684,4 triliun.

Saham Pinduoduo melesat dalam dua bulan terakhir karena melonjaknya permintaan belanja online selama pagebluk virus corona.

Baca juga: Harta 10 Orang Terkaya di Dunia Raib Rp 391,6 Triliun dalam Sehari

Adapun Pinduoduo merupakan pionir e-commerce sosial di China. Pembeli bisa memperoleh barang dengan harga lebih murah apabila ia bisa menemukan pembeli lain yang akan membeli barang tersebut bersama dia dalam satu grup.

Model penjualan semacam ini kemudian sangat populer di China. Dalam setahun pertamanya, Pinduoduo telah memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan.

Halaman:


Sumber Forbes
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X