Ini Alasan Pengusaha Mau Buka Kembali 67 Mal di Jakarta pada 5 Juni

Kompas.com - 27/05/2020, 05:56 WIB
Ilustrasi mal ShutterstockIlustrasi mal
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI mengeluarkan daftar 67 mal di Jakarta yang bakal buka tanggal 5 Juni dan 6 mal lainnya pada tanggal 8 Juni 2020.

Ketua APPBI DKI Ellen Hidayat mengatakan, alasan dibukanya kembali puluhan mal tersebut lantaran pengelola pusat belanja dan retailer atau tenant mengalami kesulitan finansial akibat penutuan pusat perbelanjaan tersebut beberapa waktu lalu.

"Dampak ini juga secara langsung menimpa para karyawan yang tidak bekerja dan sudah tidak mempunyai tabungan lagi untuk bertahan menghidupi keluarganya. Oleh sebab itu, atas dorongan para retailer dan tenant khususnya UKM yang minta agar mal segera dibuka," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: New Normal, BNI Siap Ubah Outlet Konvensional Jadi Digital

Ellen berharap dengan dibukanya kembali mal akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian nasional dan meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia.

Selain itu, Ellen juga mengatakan adanya dorongan dari pemerintah agar pengusaha berani dan mulai menghadapi Covid-19. Apalagi ada Surat Keputusan dari Menkes dan adanya rencana berakhirnya PSBB DKI ke 3 pada tanggal 4 Juni 2020.

Nantinya untuk menambah tingkat keamanan dan kenyamanan kepada para pengunjung mal, Ellen mengatakan, pihak pengelola mal akan menerapkan Standard Operating Prosedure (SOP) di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Naik Pesawat ke Jakarta Tak Punya SIKM, Siap–siap Karantina di GOR Cengkareng

Adapun standar SOP yang akan dilakukan yakni menyediakan pengukuran suhu tubuh di berbagai pintu masuk, pengunjung dan karyawan wajib memakai masker, menyediakan hand sanitizer di beberapa lokasi, mengontrol tidak adanya pengunjung yang berkumpul di satu tempat, dan menerapkan physical distancing.

"Untuk lift dan escalator juga dibatasi agar tetap menjaga jarak satu dengan lainnya, resto dine–in juga dibatasi jarak, food court juga dilakukan pengaturan kursi dan meja berjarak. Kami juga akan secara rutin meningkatkan pembersihan gedung dan fasilitasnya serta rajin melakukan disinfektan," kata dia.

Update: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja: Gubernur Tak Beri izin, Mana Bisa Kami Buka Mal

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X