Ini Industri yang Kuat dari Guncangan Ekonomi Menurut BKPM

Kompas.com - 27/05/2020, 08:21 WIB
Kantor BKPM Jakarta ptsp.bkpm.go.idKantor BKPM Jakarta
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan sektor industri yang kuat meski ada guncangan ekonomi global.

Plt Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Farah Indriani mengatakan, industri makanan relatif lebih stabil dari guncangan ekonomi.

"Diantara dua sektor lainnya di atas (industri logam dasar dan kimia), hanya industri makanan yang porsi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) lebih besar dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan di sini lah kita yakin kalau industri ini akan cukup stabil dari guncangan ekonomi dunia," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Renault Bakal Pangkas 5.000 Karyawan Pada 2024

Ia mengatakan, sektor utama yang paling diminati dan menjanjikan adalah industri makanan yang investasinya mencapai Rp 293,2 triliun, atau 21,7 persen dari total investasi 5 tahun terakhir.

Farah mengatakan, meskipun data realisasi investasi BKPM untuk sektor industri makanan pada 5 tahun terakhir menunjukkan adanya fluktuasi, namun secara rata-rata mengalami kenaikan sebesar 3 persen per tahun dan tetap berada pada peringkat teratas total realisasi investasi sektor sekunder.

Pada tahun 2017, Industri Makanan mencapai puncak tertinggi dengan total investasi mencapai Rp 64,8 triliun.

Sementara itu, realisasi investasi industri logam dasar pada 5 tahun terakhir meskipun tidak selalu menjadi yang teratas, menunjukkan potensi yang besar yang terlihat dari rata-rata pertumbuhannya mencapai 11 persen per tahun.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Karyawan Google Bisa Reimburse hingga Rp 14,7 Juta

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X