Imbas Corona, Maskapai Terbesar Amerika Latin Bangkrut

Kompas.com - 27/05/2020, 20:39 WIB
Maskapai Chile, LATAM Airlines, sedang parkir di Bandara Internasional John F Kennedy, News York, Amerika Serikat. AFP/Daniel SlimMaskapai Chile, LATAM Airlines, sedang parkir di Bandara Internasional John F Kennedy, News York, Amerika Serikat.

NEW YORK, KOMPAS.com - Maskapai terbesar asal Amerika Latin Latam Airlines Group mengajukan perlindungan kebangkrutan ke pengadilan Amerika Serikat. Permohonan tersebut diajukan setelah maskapai terpukul oleh pandemi Covid-19.

Latam dan afiliasinya mengajukan perlindungan sesuai Bab 11 Undang-Undang Kepailitan AS, atau yang dikenal dengan sebutan Chapter 11.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (27/5/2020), Perlindungan Chapter 11 diajukan agar Latam tetap dapat tetap beroperasi sembari melakukan restrukturisasi kredit guna membayar utangnya.

Baca juga: Kemenhub Investigasi Maskapai yang Diduga Langgar Batasan Jumlah Penumpang

Kendati demikian, afiliasi Latam di Argentina, Brasil, dan Paraguay tidak termasuk dalam perlindungan Chapter 11 tersebut.

Maskapai yang bermarkas di Chili tersebut akan tetap beroperasi dengan jadwal terbatas dan mengajukan pinjaman sebesar 900 juta dollar AS. Dana pinjaman tersebut berhasil terkumpul dari pemegang saham, Amaro familiy, dan Qatar airways.

Pandemi Covid-19 telah memberikan pukulan terhadap industri penerbangan di seluruh dunia.

"Keadaan luar biasa telah menyebabkan jatuhnya permintaan global dan tidak hanya membawa penerbangan mandek, tetapi juga telah mengubah industri untuk masa yang akan datang," ujar CEO Latam, Roberto Alva.

Latam sendiri telah melakukan perampingan dengan memutus hubungan kerja 1.850 karyawan-nya di 4 negara.

Selain itu, Latam tercatat memiliki utang sebesar 7 miliar dollar AS.

Untuk mengatasi hal tersebut, Latam menjaminkan aset senilai 21 miliar dollar AS dan lialibilitas sebesar 18 miliar dollar AS untuk mengajukan perlindungan kebangkrutan.

Baca juga: Lion Air Group Hentikan Penerbangan Selama 5 Hari, Ini Alasannya



Sumber Bloomberg
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X