Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat, Ini Faktornya

Kompas.com - 28/05/2020, 07:43 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diproyeksikan bergerak positif. Kemarin indek acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini berhasil naik 0,32 persen setelah sempat terseok-seok di zona merah.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan,  IHSG berpotensi menguat dengan dukungan berbagai sentimen positif baik internal maupun eksternal. 

“Kalau kita lihat, kemungkinan indeks bisa menguat ya. Ini faktor utamanya lebih bayak karena optimisme penemuan vaksin corona sama pembukaan ekonomi. Jadi kita lihat pasar dunia rata-rata menguat karena faktor tersebut,” kata Hans kepada Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: IHSG Berhasil Bangkit, Rupiah Menguat ke Level Rp 14.710 Per Dollar AS

Di sisi lain, memanasnya hubungan antara AS dan China masih dikesampingkan oleh pasar. Walaupun hal ini masih berpotensi menekan indeks, namun pasar lebih optimis dengan pembukaan ekonomi dan penemuan vaksin corona.

Sementara dari domestik, rencana pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) bisa memberikan angin segar pada emiten properti dan pengelola mal yang kemarin rata-rata menguat.

Selain itu, sentimen positif juga datang dari kucuran stimulus untuk perusahaan BUMN dan laporan laba korporasi pebankan yang masih positif di kuartal pertama.

Hans memproyeksikan hari ini IHSG berpeluang konsolidasi menguat pada level support 4.597 sampai dengan 4.487, resistance pada level 4.659 sampai dengan 4.726.

Baca juga: Direktur Gudang Garam Ini Lepas Seluruh Saham GGRM Miliknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com