Trump dan Rusia Bikin Harga Minyak Mentah Jatuh

Kompas.com - 28/05/2020, 09:11 WIB
Ilustrasi produksi minyak ThinkstockphotosIlustrasi produksi minyak

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak berjangka jatuh pada akhir perdagangan Rabu (27/5/2020) waktu setempat (Kamis pagi WIB).

Penurunan harga emas hitam ini setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dirinya sedang bekerja pada respons yang kuat terhadap undang-undang keamanan yang diusulkan China di Hong Kong.

Selain itu investor juga meragukan komitmen Rusia untuk pengurangan produksi minyaknya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun 1,54 dollar AS atau 4,5 persen, menjadi 32,81 dollar AS per barel.

Sementara itu minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli turun 1,43 dollar AS atau 4,6 persen ditutup pada 34,74 dollar AS per barrel.

Baca juga: Lockdown Dilonggarkan, Harga Minyak Dunia Naik Sentuh Level Tertinggi 2 Bulan

Sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman setuju selama pembicaraan melalui telepon untuk "koordinasi erat" lebih lanjut tentang pembatasan produksi minyak.

Namun banyak yang merasa Rusia mengirimkan sinyal beragam menjelang pertemuan dalam waktu kurang dari dua minggu antara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak ( OPEC) dan sekutunya.

Kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ ini memangkas produksi hampir 10 juta barrel per hari (bph) pada Mei dan Juni.

"Kedengarannya hebat di atas kertas, tetapi pasar menahan kegembiraan sampai kita mendapatkan beberapa rincian lebih lanjut tentang apakah akan ada pemotongan, berapa banyak barel akan dipotong dan lamanya pemotongan," kata Analis Senior Price Futures Group, Phil Flynn.

Baca juga: Dugaan Kartel Harga BBM, Ini Komentar Shell dan Pertamina

Sementara itu ketegangan antara Amerika Serikat dan China terus meningkat setelah China mengumumkan rencana untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong, memicu protes di jalan-jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X