Arus Balik, Ini Jumlah Kendaraan yang Sudah Menuju Jakarta

Kompas.com - 28/05/2020, 16:16 WIB
Petugas mencatat arus kendaraan saat penyekatan arus balik menuju Jakarta di gerbang masuk Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). Pada penyekatan arus balik tersebut petugas memeriksa surat tugas kantor dan surat izin keluar masuk (SIKM) pada pengemudi yang berkendara dengan menggunakan Plat B serta meminta pengendara memutar balik jika tidak memiliki SIKM. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISIPetugas mencatat arus kendaraan saat penyekatan arus balik menuju Jakarta di gerbang masuk Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). Pada penyekatan arus balik tersebut petugas memeriksa surat tugas kantor dan surat izin keluar masuk (SIKM) pada pengemudi yang berkendara dengan menggunakan Plat B serta meminta pengendara memutar balik jika tidak memiliki SIKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru mengungkapkan, sebanyak 171.046 kendaraan arus balik Lebaran sudah menuju Jakarta pada 25-27 Mei 2020.

Kendaraan tersebut berasal dari luar Jabodetabek dan menuju ke Jakarta dari arah timur, barat dan selatan. Detailnya 31,7 persen kendaraan menuju Jakarta dari arah timur, 34,2 persen dari arah barat dan 34,1 persen dari arah selatan.

"Volume lalu lintas yang menuju Jakarta ini turun 69 persen dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019," kata Dwimawan melalui keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Gubernur BI: Kami Yakin Rupiah Akan Terus Menguat...

Dwimawan menyebut, kendaraan yang menuju Jakarta dari arah timur masuk melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Jumlah kendaraan yang masuk dari GT Cikampek Utama 2 mencapai 30.645 kendaraan, atau turun sebesar 49 persen dari Lebaran tahun lalu.

Sedangkan, kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Kalihurip Utama 2 sebanyak 23.650 kendaraan, turun 89 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

"Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 80 persen dibandingkan dengan lalin Lebaran tahun 2019," ujarnya.

Baca juga: Tren Belanja Online Naik, Bagaimana Pasca Pandemi?

Sementara itu, Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa sebanyak 58.426 kendaraan, atau turun sebesar 52 persen dari Lebaran 2019.

Adapun jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah selatan melalui GT Ciawi 2 tercatat 58.325 kendaraan, turun sebesar 63 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020," kata Dwimawan.

"Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah," sambungnya.

Baca juga: ASDP: Seluruh Kru KMP Julung-julung dan KMP Ambu-ambu Negatif Covid-19



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X