Rumahkan 873 Karyawan, Ini Penjelasan AirAsia Indonesia

Kompas.com - 28/05/2020, 21:02 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT AirAsia Indonesia Tbk menyebut 873 karyawan yang saat ini dirumahkan sedang menjalani reorientasi dengan pelatihan online dari rumah untuk sementara waktu.

Hal ini menyusul keterbukaan informasi yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (28/5/2020) terkait dampak Covid-19 terhadap AirAsia. Dalam keterbukaan informasi tersebut, dituliskan 873 karyawan dirumahkan.

“Sebagian karyawan operasional, dapat ditugaskan sewaktu-waktu untuk melayani penerbangan charter dan kargo untuk membantu upaya misi kemanusiaan dan penanggulangan Covid-19 di tanah air,” kata Corporate Secretary PT AirAsia Indonesia, Indah Permatasari Saugi melalui siaran media.

Baca juga: Jubir Luhut: 500 TKA China Dibutuhkan untuk Mempercepat Pembangunan Smelter

AirAsia Indonesia mengatakan, reorientasi kepada 873 karyawan tersebut bertujuan untuk membantu unit layanan pelanggan (customer happiness) dalam menjalankan operasional penerbangan.

Selain itu, AirAsia Indonesia menyampaikan kebijakan ini juga diambil guna menunggu pengoperasian kembali layanan penerbangan berjadwal yang telah dihentikan sementara sejak 1 April 2020.

Sebagai informasi, saat ini AirAsia Indonesia mempekerjakan sebanyak 1.645 tenaga kerja.

Dalam keterbukaan informasi BEI disebutkan pula 328 karyawan AirAsia merupakan karyawan yang terdampak Covid-19 dan menerima pemotongan gaji. Selanjutnya, jumlah karyawan yang mengalami PHK dari Januari hingga saat ini berjumlah 9 orang.

Baca juga: Pendapatan Jeblok, AirAsia Indonesia Rumahkan 873 Karyawan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.