Sambut New Normal, Protokol Kesehatan untuk 142 BUMN Telah Siap

Kompas.com - 28/05/2020, 22:32 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di kantor Kementerian BUMN, Kamis (28/5/2020) Dok. Kementerian BUMNMenteri BUMN Erick Thohir bertemu Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di kantor Kementerian BUMN, Kamis (28/5/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk 142 BUMN untuk memasuki fase kenormalan baru atau new normal.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, semua protokol prinsipnya terdiri dari tiga hal, yakni fleksibilitas kerja, protokol kesehatan, dan akselerasi teknologi.

“Itu semua dilaksanakan, dimonitor, dan juga dievaluasi pelaksanaannya,” kata Erick saat bertemu Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Kamis (28/5/2020).

Satgas Lawan Covid-19 DPR RI menyambangi sejumlah kementerian dan lembaga untuk memeriksa kesiapan dalam menyambut new normal di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Pelaksanaan New Normal di Daerah Perlu Koordinasi dengan Kemendagri

“Baru 100 persen selesai protokolnya pada 27 Mei,” katanya.

Protokol new normal di BUMN tersebut disesuaikan dengan timeline Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, serta pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di setiap daerah.

Dalam pertemuan itu, Erick mengungkapkan bahwa pengobatan bukanlah solusi yang tepat dalam situasi pandemi yang belum jelas kapan berakhir.

Apalagi, vaksin Covid-19 diperkirakan baru bisa ditemukan tahun depan.

“Biayanya memang mahal, rata-rata setiap pasien membutuhkan biaya Rp 105 juta untuk 2 minggu. Malah kalau ada penyakit bawaan bisa Rp 200 juta,” ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir: New Normal Akan Memakan Waktu 4-5 Bulan

Ia menegaskan, setiap individu perlu disiplin melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 saat memasuki fase kenormalan baru.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X