Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Dibuka Menguat

Kompas.com - 29/05/2020, 09:39 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka pada zona hijau pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (29/5/2020).

Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 4.733,97 atau naik 17,79 poin (0,38 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 4.716,18.

Sebanyak 128 saham melaju di zona hijau dan 100 saham di zona merah. Sedangkan 146 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 901,3 miliar dengan volume 586 juta saham.

Baca juga: Akhir Pekan IHSG Diproyeksi Lesu

Indeks saham Asia pagi ini juga bergerak negatif, dimana indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,5 persen, Indeks Nikkei Tokyo turun 0,82 persen, indeks Strait Times Singapura turun 0,26 persen dan indeks komposit Shanghai juga ambles 0,02 persen.

Sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memprediksikan hari ini IHSG akan melemah karena terdorong oleh faktor ketegangan antara AS dan China, dimana AS mengecam tindakan China merancang RUU Keamanan Nasional yang menuai protes Hong Kong.

“Kemungkinan IHSG akan tertekan turun ya, padahal dengan pembukaan lockdown pasar sedang optimis akan perbaikan ekonomi. Namun Trump nanti malam akan melakukan konferensi pers yang kemungkinan mengungkap sanksi terhadap China. Jadi pasar dunia khawatir akan hal itu,” kata Hans kepada Kompas.com.

Sementara itu, Indeks saham Eropa ditutup positif dengan kenaikan Indeks FTSE 1,21 persen, dan indeks Xetra Dax 1,06 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com