KILAS

Dukung Penanganan Covid-19, Telkom University Ciptakan Robot Disinfeksi dan Sterilisasi Ruangan

Kompas.com - 29/05/2020, 12:36 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan Robot
Disinfeksi Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan
Covid-19 Doni Monardo (kedua dari kiri) disaksikan Direktur Human Capital Management Telkom Edi
Witjara (paling kanan) dan Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS (paling kiri) di Jakarta, Kamis (28/5/2020). DOK. Humas TelkomKepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan Robot Disinfeksi Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo (kedua dari kiri) disaksikan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (paling kanan) dan Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS (paling kiri) di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

KOMPAS.comTelkom University bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menciptakan inovasi robot Autonomous UVC Mobile Robot AUMR pertama di Indonesia.

Adapun, robot ini memiliki fungsi untuk memberikan disinfeksi dan sterilisasi pada ruangan isolasi dengan menggunakan sinar ultraviolet tipe C (UVC).

Robot ini ditujukan untuk meminimalkan risiko penularan virus corona pada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19.

Untuk itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) pun menyerahkan robot AUMR ini kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo di Istana Negara, Jakarta (28/5/2020).

Menanggapi hal ini, Moeldoko pun mengapresiasi karya Telkom University dan inisiatif Telkom untuk mewadahi inovasi tersebut.

Baca juga: Telkom Berdayakan 1.300 UMKM untuk Salurkan 100.000 Paket Bantuan, Menteri BUMN Apresiasi

“Ini sebagai titik awal untuk membangun sesuatu yang lebih besar ke depan dan dapat membantu tenaga medis. Sangat membanggakan,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Senada Moeldoko, Doni turut mengatakan, Telkom sudah banyak memberikan bantuan kepada Gugus Tugas khusus untuk penanganan Covid-19.

Inovasi ini sangat penting bagi kita semua dalam mengurangi dampak Covid-19 kepada tenaga kesehatan terutama dokter dan perawat yang ada di ruang isolasi. Semoga inovasi ini tidak hanya berhenti di robot AUMR,” harapnya.

Adapun, penyerahan robot ini dilakukan Direktur Human Capital Management Telkom yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Telkom Edi Witjara.

Baca juga: Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dari Universitas Telkom

Karya anak bangsa

Sementara itu, Edi mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Telkom mewadahi dan mendukung penuh inovasi anak bangsa.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X