292.000 Debitor Sudah Direstrukturisasi, Bank Mandiri Optimistis NPL Terjaga

Kompas.com - 29/05/2020, 14:07 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. Rafapress/SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) hingga kini telah melakukan restrukturisasi kredit kepada 292.000 debitor dengan nilai mencapai Rp 5 triliun.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, 75 persen debitor yang melakukan restrukturisasi kredit merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan toko retail.

“Kemarin 280.000 debitor dan sekarang sudah 292.000 debitor. Memang kalau dilihat segmennya lebih banyak UMKM,” kata Rully dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Siap Jalankan Skenario New Normal, Ini yang Dilakukan Bank Mandiri

Menurut dia, hingga April posisi kredit bermasalah alias non performing loan ( NPL) masih terjaga.  "Bahkan kalau dibandingkan dengan tahun lalu, NPL kita justru membaik," ucapnya.

Rully menjelaskan, pengaruh pandemi Covid-19 baru terasa pada bulan Mei, dengan pemberlakuan restrukturisasi yang agresif. Namun demikian, perseroan bersiap untuk proyeksi NPL terjelek sebagai dampak pandemi.

“Harapannya NPL kita masih sesuai dengan skenario awal, kita bersiap untuk proyeksi terjelek, namun masih terjaga. Insya Allah Bank Mandiri masih bisa diandalkan masyarakat sebagai bank yang masuk dalam kategori sehat,” jelas dia.

Di sisi lain, perseroan optimistis kondisi pandemi bisa terselesaikan pada Agustus 2020. Apalagi kinerja sejak Januari hingga April masih bertumbuh, sehingga Mei hingga Agustus bisa di cover dengan pemulihan ekonomi yang sudah dimulai dengan new normal ini.

“Saya rasa stress test yang sudah kami lakukan cukup. Dan kami yakin ini sesuai dengan skenario awal,” tambah dia.

Baca juga: Juni 2020, Bank Mandiri Targetkan 75 Persen Kantor Cabang Bisa Beroperasi



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X