Sektor Ini Diyakini Pemerintah Cepat Reborn Saat New Normal

Kompas.com - 29/05/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi pariwisata Indonesia Dokumentasi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifIlustrasi pariwisata Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur di 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas terus berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, hal itu lantaran pemerintah meyakini sektor yang akan cepat pulih atau reborn saat normal baru (new normal) berjalan.

"Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN yang dihentikan,” kata Basuki seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Bansos untuk Petani dan Nelayan Akan Diberikan Secara Tunai

Adapun 5 KSPN Priotitas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado-Likupang.

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,82 triliun untuk pembangunan infrastruktur di 5 KSPN Prioritas sejak 2019 hingga 2021.

Rinciannya, Rp 1,67 triliun pada 2019, Rp 4,19 triliun pada 2020 dan Rp 2,96 pada 2021.

Baca juga: Juni 2020, Bank Mandiri Targetkan 75 Persen Kantor Cabang Bisa Beroperasi

Pada 2020, terdapat 190 paket kegiatan pembangunan di 5 KSPN Prioritas. Hingga saat ini, 33 persen dari 190 kegiatan sudah dimulai konstruksi fisiknya.

Infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR mencakup jalan dan jembatan, pembangunan tampungan air dan infrastruktur pengendali banjir hingga sarana hunian pendukung kawasan pariwisata.

Baca juga: Panduan Mengisi Sensus Penduduk Online 2020 dari Smartphone dan Komputer



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X