Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 28 Mei, 5,4 Juta Keluarga Telah Terima BLT Dana Desa

Kompas.com - 29/05/2020, 18:16 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut, bantuan langsung tunai (BLT) dana desa yang telah disalurkan hingga per 28 Mei 2020 mencapai Rp 3,2 triliun.

"BLT dana desa sampai dengan 28 Mei 2020, sudah mencapai Rp 3,2 triliun yang tersalur dengan penerima manfaat 5.4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/5/2020).

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Gus Halim itu mengatakan, dari 63.613 desa yang sudah diberikan dana desa, sebanyak 50.939 desa diantaranya telah menyalurkan dana BLT dana desa ke keluarga penerima manfaat.

Baca juga: Kemenkeu: Harusnya Iuran BPJS Kesehatan Kelas I Rp 286.000, Kelas II Rp 184.000

Melihat realisasi penyaluran BLT dana desa tersebut, Abdul Halim mengatakan penggunaan dana desa untuk BLT tidak akan lebih dari 65 persen pagu anggaran.

"Sehingga target penerima KPM itu tidak lagi 12 juta tapi 8 juta (keluarga) berdasarkan kondisi lapangan hari ini," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat menyatakan bakal memperpanjang masa penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa menjadi enam bulan dari yang sebelumnya hanya tiga bulan.

Baca juga: Pengusaha Wanti-wanti Pemerintah Soal Timing New Normal

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti pun menjelaskan, dengan perpanjangan masa penyaluran tersebut maka pemerintah juga menambah besaran BLT menjadi Rp 2,7 juta per keluarga penerima manfaat (KPM), dari yang sebelumnya Rp 1,8 juta per KPM.

"Sehingga total anggaran untuk BLT Desa meningkat dari Rp 21,19 triliun menjadi Rp 31,79 triliun," kata Astera dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: BLT Dana Desa Diperpanjang Jadi 6 Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com