Kompas.com - 29/05/2020, 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut, bantuan langsung tunai (BLT) dana desa yang telah disalurkan hingga per 28 Mei 2020 mencapai Rp 3,2 triliun.

"BLT dana desa sampai dengan 28 Mei 2020, sudah mencapai Rp 3,2 triliun yang tersalur dengan penerima manfaat 5.4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/5/2020).

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Gus Halim itu mengatakan, dari 63.613 desa yang sudah diberikan dana desa, sebanyak 50.939 desa diantaranya telah menyalurkan dana BLT dana desa ke keluarga penerima manfaat.

Baca juga: Kemenkeu: Harusnya Iuran BPJS Kesehatan Kelas I Rp 286.000, Kelas II Rp 184.000

Melihat realisasi penyaluran BLT dana desa tersebut, Abdul Halim mengatakan penggunaan dana desa untuk BLT tidak akan lebih dari 65 persen pagu anggaran.

"Sehingga target penerima KPM itu tidak lagi 12 juta tapi 8 juta (keluarga) berdasarkan kondisi lapangan hari ini," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat menyatakan bakal memperpanjang masa penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa menjadi enam bulan dari yang sebelumnya hanya tiga bulan.

Baca juga: Pengusaha Wanti-wanti Pemerintah Soal Timing New Normal

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti pun menjelaskan, dengan perpanjangan masa penyaluran tersebut maka pemerintah juga menambah besaran BLT menjadi Rp 2,7 juta per keluarga penerima manfaat (KPM), dari yang sebelumnya Rp 1,8 juta per KPM.

"Sehingga total anggaran untuk BLT Desa meningkat dari Rp 21,19 triliun menjadi Rp 31,79 triliun," kata Astera dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: BLT Dana Desa Diperpanjang Jadi 6 Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.