Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba CIMB Niaga Finance Naik 33 Persen di Kuartal I-2020

Kompas.com - 29/05/2020, 19:04 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance) mencatatkan perolehan laba sebelum pajak atau Profit Before Tax (PBT) sebesar Rp 91,9 miliar per 31 Maret 2020. Nilai tersebut mengalami kenaikan 33 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp 69,2 miliar.

Kenaikan laba ditopang oleh perolehan aset sebesar Rp 4,3 triliun per 31 Maret 2020. Nominal tersebut naik 64 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp 2,6 triliun.

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman mengatakan, perseroan mencatatkan pembiayaan kuartal pertama tumbuh 52,5 persen atau sebesar Rp 950 miliar, dibanding tahun lalu sebesar Rp 623 miliar.

Baca juga: Anak Perusahaan Pelindo III Buka Lowongan Kerja, Simak Persyaratannya

“Pencapaian tersebut merupakan hasil dari strategi dan inisiatif yang dilakukan di berbagai aspek dengan tetap diimbangi prinsip kehati-hatian, mengutamakan kualitas pembiayaan serta customer experience,” kata Ristiawan melalui siaran media, Jumat (29/5/2020).

Sejalan dengan perbaikan pertumbuhan kredit yang dicapai di kuartal pertama, rasio pembiayaan bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) di bawah rata-rata industri yaitu sebesar 0,95 persen.

Selain fokus pada pengembangan bisnis yang kompetitif seperti mengembangkan budaya kerja yang berbasis integritas, perseroan juga aktif melakukan langkah-langkah strategis dengan memperkuat aliansi dengan induk Bank CIMB Niaga.

Perseroan juga melakukan transformasi pada seluruh aspek bisnis guna mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik, serta memanfaatkan layanan digital.

Baca juga: Pengusaha Wanti-wanti Pemerintah Soal Timing New Normal

Sebagai implementasi dari transformasi tersebut, CIMB Niaga Finance telah meluncurkan aplikasi CNAF Mobile untuk memudahkan calon debitur dalam mengajukan pembiayaan melalui smartphone.

CNAF Mobile dapat memberikan persetujuan pembiayaan secara instan dalam waktu 1 menit kepada calon debitur cukup dengan menggunakan KTP dan NPWP.

“Ditengah pandemi COVID-19 ini, aplikasi digital bisa menjadi solusi bagi calon debitur untuk tetap produktif walaupun berada di rumah,” tambah dia.

Baca juga: Kemenkeu: Harusnya Iuran BPJS Kesehatan Kelas I Rp 286.000, Kelas II Rp 184.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com