Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sebut 89 Proyek Bisa Serap 19 Juta Tenaga Kerja

Kompas.com - 30/05/2020, 14:23 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sebanyak 89 proyek yang akan direkomendasikan sebagai proyek strategis nasional (PSN). Proyek senilai Rp 1.422 triliun tersebut pun disebut bisa menyerap sekitar 19 juta tenaga kerja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, angka ini berdasarkan hitungan rule of thumb atau multiplier effect dari Kementerian PUPR yakni setiap Rp 1 triliun nilai proyek bisa memperkerjakan 14.000 tenaga kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Jadi proyek sampai 2020-2024 ini ditargetkan bisa menyerap tenaga kerja setiap tahunnya sekitar 4 juta atau selama proyek itu berjalan, agregatnya bisa mencapai 19 juta orang," kata Airlangga dalam konferensi pers usai rapat terbatas evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN), Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Bank Dunia Setuju Kucurkan Pinjaman Rp 3,6 Triliun untuk Indonesia

Dia mengatakan, setiap proyek yang akan dikerjakan tentu memiliki kapasitas penyerapan tenaga kerja yang berbeda-beda. Namun, dia menyebut beberapa proyek yang sudah ada berhasil menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.

Misalnya, seperti proyek pembangunan smelter di Morowali yang bisa menyerap 40.000 tenaga kerja, di Konawe 11.000 tenaga kerja, dan di Weda Bay sebanyak 30.000 tenaga kerja.

Tak hanya menciptakan lapangan kerja baru, proyek-proyek yang direkomendasikan menjadi PSN tersebut pun akan memberikan beberapa nilai tambah mulai dari penghematan devisa hingga menghasilkan ekspor.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 1.000

Adapun, 89 proyek yang direkomendasikan ini berasal dari 245 usulan proyek yang diusulkan menjadi PSN.

Bila dirinci, 89 proyek tersebut terdiri dari 15 proyek terkait jalan dan jembatan, 5 proyek bandara, 5 proyek kawasan industri, 13 proyek bendungan dan irigasi, 1 proyek tanggul laut, 1 program dan 2 proyek smelter.

Lalu, 1 proyek penyediaan lahan pangan di kalimantan tengah, 5 proyek pelabuhan, 6 proyek kereta api, 13 proyek kawasan perbatasan, 12 proyek energi, 6 proyek air bersih, 1 proyek pengelolaan sampah dan 3 proyek pengembangan teknologi termasuk teknologi drone. (Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat)

Baca juga: Peluang Brebes Jadi Tempat Relokasi Pabrik Perusahaan AS dari China

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: 89 proyek jadi proyek strategis nasional, bakal serap 19 juta tenaga kerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com