Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen, BPS: Hanya Sektor Ini yang Naik

Kompas.com - 02/06/2020, 14:53 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, berdasarkan sektornya, hanya sektor pertanian saja yang mengalami kenaikan ekspor secara Year of Year (YoY) di Indonesia.

Dia menjelaskan, tercatat, ekspor pertanian pada April 2020 sebesar 0,28 miliar dollar AS atau tumbuh 12,66 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 (YoY).

Selain itu, periode Januari-April 2020, ekspor non migas Indonesia juga didominasi ekspor lemak dan minyak hewan atau nabati sebesar 6,25 miliar dollar AS atau 12,24 persen.

"Ini merupakan sinyal positif dan menjadi angin segar dimana pertanian dan olahannya memperlihatkan pertumbuhan yang positif," ujar Suhariyanto, Selasa (2/6/2020).

Lebih lanjut, dia menyebut, sektor pertanian memiliki peran yang cukup besar terhadap kinerja ekspor nasional.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Ekspor Pertanian RI Naik Rp 12 Triliun

Bahkan, melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi virus corona, ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik.

Suhariyanto juga menyampaikan, upah nominal buruh tani termasuk yang mengalami kenaikan.

Tercatat, upah nominal pada April 2020 naik sebesar 0,12 persen dari bulan sebelumnya 55,254 menjadi 55,318 secara Month on Month (MoM).

"Namun untuk upah riil cenderung stabil di kisaran 52,214 persen dan tidak terjadi perubahan yang signifikan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com