IHPB Nasional Turun 0,10 Persen, Terdalam di Sektor Pertanian

Kompas.com - 02/06/2020, 14:54 WIB
Kepala BPS Suhariyanto saat memaparkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2019 di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (5/2/2020). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKepala BPS Suhariyanto saat memaparkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2019 di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional turun sebesar 0,10 persen pada Mei 2020 secara bulanan (mtm).

Kepala BPS Suhariyanto menuturkan, penurunan disebabkan oleh sektor pertanian, pertambangan dan penggalian. Namun, penurunan IHPB tertinggi terjadi pada sektor pertanian sebesar 0,95 persen.

Turunnya IHPB pertanian mengikuti pergerakan harga konsumen, yakni terjadi penurunan harga beberapa komoditas pertanian pada Mei 2020.

Dengan begitu, perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0,61 persen dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 0,86 persen.

"Di antaranya adalah telur ayam ras, kelapa sawit, bawang butih, bawang bombai, cabai merah, gula pasir, minyak goreng, dan beras. Secara tahunan, IHPB pertanian turun sangat kecil, yaitu 0,86 persen," kata Suhariyanto dalam konferensi video di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Sedangkan, IHPB konstruksi meningkat 0,11 persen. Dari sisi kelompok bangunan, hampir semua kelompok bangunan terjadi inflasi dengan yang terbesar terjadi pada bangunan pekerjaan umum untuk pertanian.

"Kalau kita lihat menurun jenis komoditas, ada kenaikan harga komoditas paku, mur, dan sejenisnya, semen, minyak pelumas, kawat dan sejenisnya, serta cat dan sejenisnya," sebut Suhariyanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.