Kompas.com - 02/06/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi Fintech thinkstockphotosIlustrasi Fintech
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin usaha kepada 8 fintech yang sudah menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

“Semoga dengan izin usaha yang diperoleh ini, dapat memperkuat industri khususnya di tengah masa pandemi Covid-19,” kata Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi, melalui video conference, Selasa (2/6/2020).

Adapun 8 fintech yang baru diberikan izin OJK meliputi Pinjam Modal (PT Finansial Integrasi Teknologi), Taralite (PT. Indonusa Bara Sejahtera), Danarupiah (PT Layanan Keuangan Berbagi), Pinjamwinwin (PT Progo Puncak Group), Julo (PT Julo Teknologi Finansial), Indodana (PT Artha Dana Teknologi), Awantunai (PT SimpleFi Teknologi Indonesia), dan Alami (PT Alami Fintek Sharia).

Baca juga: Tokopedia: Transaksi Token Listrik Sedang Ada Gangguan Secara Nasional

Dengan demikian, hingga saat ini total anggota AFPI Fintech Lending yang mengantongi lisensi dari OJK sebanyak 33 perusahaan dari total anggota AFPI 161 perusahaan. Sementara sisanya, saat ini berstatus terdaftar di OJK.

Adrian menambahkan pemberian izin usaha dari OJK menandakan kredibilitas industri Fintech P2P Lending semakin tinggi. Hal ini terlihat dari meningkatnya angka penyaluran pinjaman dari seluruh anggota AFPI kepada masyarakat.

Berdasarkan data OJK per Maret 2020, akumulasi penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending Rp 102,53 triliun, naik 208,8 persen dari posisi periode yang sama tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun status izin usaha yang diberikan kepada fintech terdaftar di OJK dipastikan telah memenuhi sejumlah persyaratan. Salah satunya terkait keamanan sistem informasi berupa ISO 27001, yang merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi.

Baca juga: Siap-siap, Gaji Pekerja Bakal Dipotong 2,5 Persen untuk Iuran Tapera



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.