Menteri Edhy Janjikan Pagu KUR Sampai Rp 50 Miliar untuk Sektor Kelautan dan Perikanan

Kompas.com - 02/06/2020, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo berjanji akan memberikan pagu Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp 50 miliar bagi masyarakat di sektor kelautan dan perikanan untuk membangun usaha.

Dia menjanjikan, pagu modal usaha Rp 50 miliar yang disalurkan melalui Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) lebih mudah diakses dibanding perbankan manapun.

"Saya kasih pagu sampai Rp 50 miliar kalau bisa manfaatkan, silakan manfaatkan. Saya yakin jauh lebih mudah kalau pinjam di sini daripada di bank, bank mana saja," kata Edhy dalam konferensi video, Selasa (2/6/2020).

Baca juga: Gandeng Warga, KKP Ringkus Pelaku Bom Ikan di Morowali

Namun dia mengingatkan, dana itu harus dimanfaatkan sesuai aturan yang berlaku. Apalagi sektor kelautan dan perikanan dianggap sektor yang berjaya meski saat pandemi Covid-19.

"Saya siapkan anggaran pinjaman sampai Rp 50 miliar dengan aturan yang sesuai. Tidak ada fee apalagi fee untuk menteri. Kalau perlu menteri tambahi anggarannya," papar Edhy.

Edhy mengaku, pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan memang masih sedikit menyerap Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digelontorkan pemerintah. Penyaluran KUR di sektor ini hanya sekitar Rp 2,5 triliun.

Padahal pemerintah telah menganggarkan KUR sebesar Rp 190 triliun pada 2020. Bahkan, bunga pun diturunkan dari 7 persen menjadi 6 persen dengan pagu Rp 50 juta tanpa agunan.

"KUR ini akses yang sangat murah. Bunga jadi 6 persen, pagu kredit dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta. Ritel bisa sampai Rp 200 juta. Ini peluang yang bisa dimanfaatkan, ini kita masih punya akses plafon Rp 1 triliun lebih," jelas Edhy.

Sebagai informasi, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan penyaluran KUR yang diarahkan untuk mendukung pengembangan usaha produksi minimal 60 persen.

Total KUR yang disiapkan sebesar Rp 190 triliun dan bakal ditingkatkan bertahap hingga mencapai Rp 325 triliun pada tahun 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.