Bagaimana Seharusnya Pelaku Bisnis Menyikapi Era New Normal?

Kompas.com - 03/06/2020, 16:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

Oleh: Suhartono Chandra

KATA new normal atau normal baru menjadi sangat populer saat ini. Normal baru yang dimaksud terkait dengan rencana pelonggaran kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

PSBB yang bertujuan mengendalikan penularan virus Covid-19 juga berdampak pada ekonomi dan sosial. Berhentinya banyak kegiatan produksi karena pembatasan ketat mobilitas manusia mengakibatkan supply shock dan demand shock secara bersamaan.

Angka yang dirilis badan pusat statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2020 sebesar 2,97 persen year-on-year (yoy), mengalami kontraksi 2,41 persen dibandingkan triwulan IV 2019.

Pengamat ekonomi Faisal Basri dalam sebuah webinar baru-baru ini berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan pekerja yang terdampak sudah mencapai tiga juta lebih.

Sementara itu pandemi Covid-19 masih belum jelas kapan akan berakhir. Selama vaksin virus Covid-19 belum ditemukan dan diproduksi secara massal kita harus bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Kesiapan pelaku usaha ketika nanti pelonggaran PSBB ditetapkan menjadi hal yang penting.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menyusun skenario tahapan new normal. Tahap pertama (rencananya) dimulai 1 Juni 2020 dengan dapat beroperasinya sektor industri dan jasa. Dilanjutkan dengan tahap kedua sampai keempat pembukaan kegiatan ekonomi secara bertahap.

Tahap kelima pada 20-27 Juli 2020 adalah evaluasi keempat tahap sebelumnya dan pembukaan tempat-tempat atau kegiatan ekonomi dan sosial berskala besar. Diharapkan akhir Juli atau awal Agustus 2020 seluruh kegiatan ekonomi sudah dibuka.

Kegiatan ekonomi dan sosial sejak tahap pertama hingga pembukaan seluruh kegiatan ekonomi harus dijalankan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja Perkantoran Dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X