Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2020, 14:35 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 sangat memukul banyak sektor. Ujung-ujungnya banyak permasalahan ekonomi yang muncul semenjak Work from Home (WFH) dan Physical Distancing diberlakukan yang membuat masyarakat menjadi tidak berpenghasilan.

VP of Open Innovation Innovesia Dina Kosasih mengatakan, selama WFH dan Physical Distancing berlangsung masih ada peluang yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar tetap bisa produktif dan mendapatkan penghasilan.

"Dengan menggunakan dan memanfaatkan ruang digital dan didorong oleh kemauan, masyarakat masih bisa untuk tetap berpenghasilan walaupun hanya di rumah aja," ujarnya dalam pressconference Work and Collaboration in the Digital Era yang di lakukan oleh Innovesia, Kamis (4/6/2020).

Dina pun membeberkan beberapa tips yang dapat dilakukan masyarakat agar bisa berpenghasilan dengan memanfaatkan digital.

Pertama kata dia, harus melihat wadah-wadah ruang digital yang bisa dimanfaatkan. Misalnya seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan sejenisnya.

Media-media tersebut harus lebih dikenali dan dipilih media mana yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, mudah penggunaanya dan mengerti cara menggunakannya.

"Dengan begitu kita tahu wadah ruang digital seperti apa yang nantinya akan kita gunakan, dan cocok dengan bisnis kita," katanya.

Kedua, melihat peluang bisnis apa yang cocok dengan keadaan atau situasi.

Dia mencontohkan, semenjak diterapkan WFH banyak orang melakukan rapat atau on call melalui Webinar. Menurut dia, hal ini bisa menjadi peluang bagi jasa desain interior.

"Jadi, ketika orang ingin call atau rapat virtual, background layar virtualnya tidak polos, tidak kelihatan dinding atau gorden. Mereka bisa menggunakan jasa kami untuk membuat design Home Office agar terkesan lebih rapi dan saya pikir ini bisa menjadi bisnis yang cocok untuk situasi sekarang," jelas dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com